Efektivitas pembelajaran numbered heads together dengan written corrective feedback pada pencapaian kemampuan komunikasi matematis

Main Article Content

Siti Nur Alisyah
Kartono Kartono
Tri Sri Noor Asih

Abstract

Kegiatan ini dilatar belakangi oleh hasil survei PISA OECD 2015 bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia masih rendah dibandingkan negara-negara lainnya, salah satunya kemampuan komunikasi matematis siswa. Matematika merupakan salah satu bahasa yang dapat digunakan dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, pengembangan kemampuan komunikasi matematis diperlukan agar siswa dapat lebih memaknai matematika. Sedemikian sehingga, guru hendaknya memilih dan menggunakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dan mendorong siswa untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa dengan salah satu model pembelajaran yaitu Numbered Heads Together. Untuk lebih optimal diterapkan dengan adanya feedback. Salah satu feedback yaitu corecctive feedback karena siwa masih kesulitan dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk tulisan model matematika dalam proses pembelajaran, sehingga dalam mengatasi permasalahan tersebut diberikan dengan written corecctive feedback. Berdasarkan hasil dari berbagai survei dan kegiatan, diketahui bahwa pembelajaran Numbered Heads Together dengan written corecctive feedback efektif pada pencapaian kemampuan komunikasi matematis.

Article Details

How to Cite
Alisyah, S., Kartono, K., & Asih, T. S. (2020). Efektivitas pembelajaran numbered heads together dengan written corrective feedback pada pencapaian kemampuan komunikasi matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 459-463. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37602
Section
Articles

References

Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika dalam Menyelesaikan Masalah pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal Edukasi, 3(2), 9-12.
Asri, K.., & Permana, F. A. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Statistika. JURNAL VARIASI: Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 9(4).
Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.
Hidayati, S. (2016). Penggunaan Written Corrective Feedback untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai. Diksi, 24(1).
Isjoni, H. (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
OECD. 2016. PISA 2015 Result In Focus. (Online). (www.oecd.org/pisa)
Seruni, S., & Hikmah, N. (2014). Pemberian Umpan Balik dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3).
Sudjana, N. & Rivai, A. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset Bandung.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.