Automatic Vending Machine untuk Aplikasi Smart Campus

Main Article Content

Dian Tri Wiyanti
Edy Soedjoko
M. Fajar Safaatullah

Abstract

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES) mewadahi keterampilan menjual produk makanan dan minuman di lingkungan FMIPA, khususnya di gedung perkuliahan, yang bernama Kantin Kejujuran, yang memiliki sistem penjualan dengan meletakkan beberapa produk makanan dan minuman tanpa adanya penjual. Sistem kejujuran ini penting dalam membina karakter civitas akademi, terutama mendukung salah satu dari Tujuh Pilar Konservasi, yakni Konservasi Etika, Seni, dan Budaya. Namun tak jarang terjadi kecurangan hingga mengakibatkan kerugian di pihak penjual. Hal ini dapat disiasati dengan pemanfaatan teknologi, apalagi UNNES berkomitmen untuk menyempurnakan sistem manajemen berbasis teknologi informasi. Dalam penelitian ini, ditawarkan sebuah solusi untuk permasalahan yang telah diuraikan sebelumnya, yakni pemanfaatan Vending Machine dalam pemasaran produk makanan dan minuman. Hasil penelitian berupa desain Vending Machine yang memiliki kemampuan untuk melakukan pembayaran dengan e- money, serta dapat memiliki sistem informasi secara online sehingga memudahkan dalam pengelolaannya.

Article Details

How to Cite
Wiyanti, D. T., Soedjoko, E., & Safaatullah, M. F. (2020). Automatic Vending Machine untuk Aplikasi Smart Campus. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 230-236. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37604
Section
Articles

References

Alamsyah & Putri, I. T. (2014) ‘Penerapan Algoritma Greedy Pada Mesin Penjual Otomatis ( Vending Machine )’, Scientific Journal of Informatics, 1(2), pp. 201– 209.
Alifuddin, M. (2014) ‘Pengembangan Mesin Vending dengan Siste Pengembalian Mata Uang Rupiah’, Jurnal IT STMIK Handayani, 14, pp. 1–7.
Brolin, A. et al. (2018) ‘Design of automated medicine vending machine using mechatronics techniques’, in 2nd International conference on Advances in Mechanical Engineering (ICAME), pp. 1–7. doi: 10.1088/1757- 899X/402/1/012044.
Lim, R., Lim, L. and Tung, U. (2005) ‘Aplikasi Embedded Internet pada Vending Machine Menggunakan Microprocessor Rabbit RCM3200’, Jurnal Teknik Elektro, 4(2), pp. 100–109.
Liukkonen, J. (2015) Machine vision system for a reverse vending machine. Aalto University.