Peningkatkan keterlibatan mahasiswa pada kuliah riset operasi melalui metode flipped classroom dengan eLisa

Main Article Content

Indarsih Indarsih
Irwan Endrayanto

Abstract

Era Industri 4.0 telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sosial, politik, ekonomi, hukum, dan budaya. UGM memiliki langkah-langkah inovatif dan strategis untuk meningkatkan kualitas dan mengarah pada percepatan kesejahteraan bangsa. eLisa adalah learning management system, atau sistem untuk mengelola pembelajaran secara online. Layanan ini dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada untuk memperkaya proses pendidikan bagi dosen dan mahasiswa. Dengan eLisa, berbagai materi ajar, video, sumber referensi, penugasan individu, penugasan kelompok dan umpan balik  dapat diupload oleh dosen. Sebaliknya mahasiswa peserta kuliah dapat mengunggah semua materi kuliah dan dapat berdiskusi dengan dosen. Dalam paper ini, akan diuraikan berbagai manfaat eLisa untuk perkuliahan riset operasi. Dengan metode flipped classroom,  penggunaan eLisa dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam perkuliahan. Lebih lanjut, akan ditunjukkan berbagai peningkatan pemahaman dan capaian pembelajaran.  

Article Details

How to Cite
Indarsih, I., & Endrayanto, I. (2020). Peningkatkan keterlibatan mahasiswa pada kuliah riset operasi melalui metode flipped classroom dengan eLisa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 471-475. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37608
Section
Articles

References

eLisa. (Online). (https://elisa.ugm.ac.id/welcome, diakses 30 Agustus 2019)
Dokumen Kurikulum 2016 Program Sarjana (S1) Matematika. 2016. (Online). (https://s1math.fmipa.ugm.ac.id/wp-content/uploads/2019/02/Kurikulum-2016-Program-Sarjana-Matematika-FMIPA-UGM.pdf, diakses 25 Agustus 2019).
Indarsih & Irwan, E. (2019). Meningkatkan Student Engagement pada Kuliah Riset Operasi melalui Metode Flipped Classroom dengan eLisa, (Laporan Akhir Hibah Pengembangan E-learning Menggunakan eLisa). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Kamara, J. M., Augenbroe, G., Anumba, C. J., & Carrillo, P. M. (2002). Knowledge management in the architecture, engineering and construction industry. Construction Innovation (Vol 2, issue 1, pp 53-67).
MarjanLaal. (2011). Knowledge management in higher education. Procedia Computer Science. (Vol 3, pages 544-549).
Oswaldo, M., & Sergio, L. (2017). Knowledge management in higher education institutions for the generation of organizational knowledge. Information Systems and Technologies (CISTI), IEEE.
Paper Dropbox. (Online). (https://paper.dropbox.com, diakses 30 Agustus 2019).
Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Statuta Universitas Gadjah Mada (UGM). (Online). (https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/statuta/PP67-2013StatutaUGM.pdf, diakses 25 Agustus 2019).
PIKA Newslatter. 2017. (Online). (http://pika.ugm.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/PIKA-Newsletter-September-rev-page.pdf, diakses 25 Agustus 2019).
Sopandi, O. D., & Saud, U. S. (2016). Implementasi Knowledge Management pada Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol. XXIII, 2.
Yacine, R. C., Christina, J. H., & Chalee, V. (2010). Generations of knowledge management in the architecture, engineering and construction industry: An evolutionary perspective. Advanced Engineering Informatics (Vol 24, issue 2, pages 219-228).