Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan Konteks Pedesaan

Main Article Content

Priantoro Dwi Kristanto
Paula Glady Frandani Setiawan

Abstract

Dalam pelaksanaan pendidikan yang memiliki ketentuan, kurikulum merupakan pedoman untuk mencapai tujuan pendidikan dapat tercapai maksimal. Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan keterampilan untuk menghubungkan ide dan fakta, menganalisis, menjelaskan, menentukan hipotesis hingga pada tahap menyimpulkan. Sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yaitu siswa tidak hanya bisa mengetahui, memahami dan mengaplikasikan saja akan tetapi siswa juga dituntut untuk dapat menganalisis, mengevaluasi bahkan mencipta. Soal berbasis HOTS (Higher Out Thingking Skills) mampu mengakomodasi siswa untuk dapat berpikir tingkat tinggi. Perkembangan soal HOTS saat ini cenderung berkaitan dengan fenomena di perkotaan, sedangkan masih banyak hal yang perlu diangkat di pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal HOTS terkait dengan konteks pedesaan. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian pengembangan dan jenis penelitian ADDIE. Tahap proses pengembangan penelitian ini yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluation (evaluasi).  Selanjutnya hasil pengembangan soal HOTS akan dipaparkan hasil dan pembahasan. Saran berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat di bagian kesimpulan.

Article Details

How to Cite
Kristanto, P., & Setiawan, P. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan Konteks Pedesaan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 370-376. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37616
Section
Articles

References

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98-108.
Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139-151.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Bebasis HOTS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah (2010). Nomor 17 tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.
Sumarlam. 2006. Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual. Surakarta: UNS Press.
Survey of Instructional Development Models, 2002 h. 23. (Online). (https://scholar.google.com/scholar?safe=strict&client=firefox-b-d&sxsrf=ACYBGNQy9n1X5cx8iEatxmsLMOZHe6XC9Q:1571149904992&uact=5&um=1&ie=UTF-8&lr&q=related:T8cH_myPHr47CM:scholar.google.com/, diakses 10 September 2019).