Desain bahan ajar berbasis kemampuan komunikasi matematis dengan pendekatan SAVI pada materi transformasi geometri

Main Article Content

Inayah Inayah
Muhammad Rizqi

Abstract

Penelitian desain didaktis ini bertujuan untuk menghasilkan desain bahan ajar berbasis kemampuaan komunikasi matematis yang dapat mengatasi hambatan belajar yang dialami peserta didik pada materi transformasi geometri. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal kemampuan komunikasi matematis pada materi transformasi geometri. Salah satu alternatif untuk membantu peserta didik mendalami kemampuan komunikasi matematis adalah dengan menerapkan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually). Pendekatan SAVI berorientasi pada peserta didik dimana dalam pembelajarannya melakukan gabungan gerak fisik dengan aktivitas intelektual dan melibatkan seluruh indera sehingga akan berpengaruh besar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI mampu menciptakan peserta didik untuk belajar secara aktif. Karena dalam proses pembelajarannya peserta didik diarahkan untuk lebih aktif, baik dengan melakukan tindakan, mendengarkan, melihat atau mengamati, serta berfikir secara kritis. Dalam penyusunan desain bahan ajar ini menggunakan penelitian desain didaktis atau dikenal dengan Didactical Design Research (DDR). Penelitian ini akan melakukan keseluruhan dari tahapan yang ada pada DDR yaitu mulai dari analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran, analisis metapedadidaktik, sampai dengan analisis retrosfektif. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar oleh para ahli menunjukkan bahwa desain bahan ajar berbasis kemampuan komunikasi matemaris yang telah disusun termasuk dalam kategori sangat valid yang ditunjukkan dengan hasil validasi sebesar 87%, sehingga bahan ajar dapat digunakan pada pembelajaran di kelas. Kemudian bahan ajar diimplementasikan pada peserta didik kelas XI MIPA 3 MAN 1 Cirebon. Hasil postes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas mencapai , sehingga dapat disimpulkan bahwa desain bahan ajar berbasis kemampuan komunikasi matematis dapat mengatasi semua hambatan belajar yang dialami peserta didik.

Article Details

How to Cite
Inayah, I., & Rizqi, M. (2020). Desain bahan ajar berbasis kemampuan komunikasi matematis dengan pendekatan SAVI pada materi transformasi geometri. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 508-513. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37619
Section
Articles

References

Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktori UPI.
Haerudin. (2013). Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2.
Hidayati, A. (2009). Optimalisasi Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Komunikasi Belajar Matematika Siswa (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Gumpang II Kartasura Pada Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok). PhD Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Paradesa, R. (2016). Pengembangan bahan ajar Geometri Transformasi Berbasis Visual. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA Vol.2 No.1, 56-84.
Solihin, R. (2016). Penelitian Modul Dengan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, And Intellectual (SAVI) Berbantuan Poster Pembelajaran Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan, 8(1), 25-51.
Sugiyono, D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alvabeta.
Suryadi, D. (2010). Didactical Design Researh (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika I. Bandung: Seminar Nasional Pembelajaran MIPA di UM Malang, 13 November 2010.
Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 3-12).