Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 5 Semarang

Main Article Content

Larasati Tiara Medyasari
Zaenuri Zaenuri
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 10 di SMA Negeri 5 kota Semarang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 66% siswa mampu menyelesaikan masalah pada tahap memahami masalah, 53% siswa mampu menyelesaikan masalah pada tahap merencanakan pemecahan masalah, 50% siswa mampu menyelesaikan masalah pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan 48% siswa mampu menyelesaikan masalah pada tahap memeriksa kembali. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 53,4.

Article Details

How to Cite
Medyasari, L., Zaenuri, Z., & Dewi, N. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 5 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 464-470. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37621
Section
Articles

References

Al Ayyubi. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 355-360.
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika Edisi Revisi. Bandung: PT Refika Aditama.
Maharani. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819-826
Mushlihah, K., Yetri, Y., & Yuberti, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Bermuatan Sains Keislaman dengan Output Instagram pada Materi Hukum Newton. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 207-215.
Nurhayati, N., & Bernard, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X SMK Bina Insan Bangsa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan. Journal on Education, 1(2), 497-502.
Pimta, S., Tayruakham, S., & Nuangchalerm, P. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Journal of Social Sciences, 5(4), 381-385
Polya, G. (1985). How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Methods. New Jersey: Pearson Education, Inc
Rostika. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 9(1)
Susandi, A. D., & Widyawati, S. (2017). Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Logika Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. NUMERICAL. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 45-52.
Timutius. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX-G Di SMP Negeri 3 Cimahi Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 305-312.