Penggunaan Dynamic Geometry Software GeoGebra untuk menentukan Prosedur Garis Selidik dalam Permasalahan Program Linear

Main Article Content

Yoga Jati Kusuma
Andreas Fajar Dwi Aryanto
Maria Glory Astriandini

Abstract

Program linear termasuk materi dalam pembelajaran matematika yang dapat menggunakan pendekatan kontekstual. Salah satu metode penyelesaian masalah dalam program linear yang sering diajarkan di kelas adalah metode uji titik pojok dibandingkan dengan metode garis selidik. Penyelesaian masalah program linear menggunakan metode garis selidik memerlukan visualisasi yang baik, agar memudahkan siswa dalam memvisualisasikan dan menemukan konsep penyelesaiannya. Salah satu media yang dapat membantu siswa untuk memvisualisasikan konsep garis selidik tersebut adalah GeoGebra. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah membantu siswa menemukan prosedur garis selidik dalam menyelesaikan permasalahan program linear dengan menggunakan GeoGebra. Untuk mencapai tujuan tersebut, pertama peneliti merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran GeoGebra. Setelah itu siswa diberikan tes hasil belajar untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai prosedur garis selidik. Selanjutnya hasil pemahaman siswa mengenai prosedur garis selidik akan dideskripsikan pada bagian kesimpulan.

Article Details

How to Cite
Kusuma, Y., Aryanto, A., & Astriandini, M. (2020). Penggunaan Dynamic Geometry Software GeoGebra untuk menentukan Prosedur Garis Selidik dalam Permasalahan Program Linear. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 393-401. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37625
Section
Articles

References

Ariawan, B. (2015, November). Menyelesaikan Permasalahan Program Linear Menggunakan Geogebra. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan (pp. 69-85).
Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008, September). Teaching and learning calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra. In 11th International Congress on Mathematical Education. Monterrey, Nuevo Leon, Mexico.
Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2004, July). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. In Computer algebra systems and dynamic geometry systems in mathematics teaching conference.
Murtiyasa, B. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informatika dan Komunikasi untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Surakarta: FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta.(on-Line) tersedia: am% 20pendidikan/TIK inEduMath. pdf.
Susilo, F. (2012). Landasan Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.
Yenti, I. N. (2016). Pendekatan Kontekstual (CTL) dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Ta'dib, 12(2).