Analisis Kesulitas Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Diferensial

Main Article Content

Sumargiyani Sumargiyani
Bidayatun Nafi’ah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal ujian akhir kalkulus diferensial dan mengelompokkan kesulitan-kesulitan tersebut, dan (2) mengetahui penyebab kesulitan-kesulitan mahasiswa di setiap penyelesaian soal. Subjek penelitian dengan mengambil lima orang mahasiswa pendidikan matematika FKIP UAD tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode wawancara. Hasil penelitian ini antara lain, (1) kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal yaitu, (a) kesulitan memahami konsep, (b) kesulitan menerapkan konsep ke dalam soal, (c) kesulitan dalam perhitungan, dan (d) kesulitan dalam memulai langkah awal perhitungan, dan (2) penyebab kesulitan-kesulitan tersebut yaitu, (a) pada soal nomor 1, kurang teliti dalam memperhatikan interval daerah asal, kurang teliti dalam penggunaan simbol, dan bingung dalam membedakan titik kritis, titik  balik, dan titik ekstrim, (b) pada soal nomor 2, bingung dalam pengambilan langkah-langkah perhitungan yang benar seperti apa dan kurang teliti dalam penulisan hasil hitungan, dan (c) pada soal nomor 3, kurang menguasai konsep turunan dan limit dan mahasiswa cenderung menghafal rumus daripada memahami.

Article Details

How to Cite
Sumargiyani, S., & Nafi’ah, B. (2020). Analisis Kesulitas Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Diferensial. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 591-598. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37636
Section
Articles

References

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Fatimah, Siti & Yerizon. (2019). Analysis of Difficulty Learning Calculus Subject for Mathematical Education Students. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(03), 80-84.
Jingga, Anisa Astra., Mardiyana., & Rubono Setiawan. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri Pada Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM). 1(5), 48-62.
Kumalasari, Ellisia. (2016). Analisis Faktor Kesulitan Terhadap Kesalahan Penyelesaian Soal Persamaan Linear Berdasarkan Klasifikasi Taksonomi Bloom (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Teknik Informatika 2015/2016). Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika (JP3M), 2(2), 113-122.
Loc, Nguyen Phu & Tran Cong Thai Hoc. (2014). A Survey of 12th Grade Students’ Errors in Solving Calculus Problems. International Journal of Scientific & Technology Research, 3(6), 1-2.
Mokhtar, Mohd Zin., Rohani Ahmad Tarmizi., Ahmad Fauzi Mohd Ayub., & Mokhtar Dato Hj Nawawi. (2013). Motivation and Performance in Learning Calculus Through Problem-Based Learning. International Journal of Asian Social Science, 3(9), 1999-2005.
Monariska, Erma. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Materi Integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9-19.
Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.
Nurkancana, Wayan. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1986.
Sa’idah, Nusrotus. (2015). Problematika Kesulitan Belajar Statistik. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY. (2015), 54-61.
Soedjadi, R. (1996). Diagnosis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Belajar Matematika. Jurnal Jurusan Matematika FPMIPA IKIP Surabaya, 25-33.
Sugiarti, Lana. (2016). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 323-330.
Syah, Muhibin. (2013). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.