Implementasi Model Guided Discovery Learning Pendekatan Metakognitif Berbantuan Schoology dalam Pemecahan Masalah Matematis

Main Article Content

Nurkaromah Dwidayati
Tri Wahyuningsih
Wardono Wardono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Guided Discovery Learning dengan pendekatan metakognitif  berbantuan schoology terhadap pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian ini berjenis kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2018/2019 dengan satu kelas  sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F. Analisis kuantitatif pada penelitian ini menggunakan uji beda proporsi, uji ketuntasan dan uji beda rata-rata. Analisis tes dalam pemecahan masalah dilakukan pada setiap indikator dengan menggunakan langkah pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran GDL berpendekatan metakognitif siswa berbantuan Schoology efektif terhadap pemecahan masalah matematis siswa, hal ini terlihat dari hasil uji ketuntasan diperoleh nilai Sig. = 0,000 uji beda proporsi diperoleh  dan uji beda rata-rata antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai Sig. = 0,000.

Article Details

How to Cite
Dwidayati, N., Wahyuningsih, T., & Wardono, W. (2020). Implementasi Model Guided Discovery Learning Pendekatan Metakognitif Berbantuan Schoology dalam Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 545-550. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37639
Section
Articles

References

Arvyaty, S. dan Maryanti, E. (2018). Teaching Material Mathematics with a Metacognitive Approach Guidance. Department of Mathematics Education, Halu Oleo University, Indonesia, Journal of Education and Learning (EduLearn) 12 (2): 306-310.
Ayubi, I.I.A., Erwanuddin, & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA, JPMI, 1(3).
Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya pada Pelajaran Matematika SMP. JIPMat, 2(1).
Hawa, Siti. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hutauruk, J.B. dan Agusmanto. (2016). Pendekatan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.
Hidayat, Y.,N., Wardono, Rusilowati, A., (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Synectic Berbantuan Schoology.
Maulana. (2008). Pendekatan Metakognitif sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar Nomor: 10 Oktober 2008
Millah, N., Waluya, B.St., Walid, (2018). Problem solving skill through think pair share model with murder approach viewed from learning interest of tenth grade students, UJME 7 (3) :172-179.
Purnomo, Y.W. (2014). Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning Pada Pembelajaran Matematika, 41 (1) :37-54.
Syaiful. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Universitas Jambi, 2(1).
Sundawan, M.D. & Nopriana, T. (2019). Guided-Discovery Learning, Representasi Matematis dan Konsep Diri Mahasiswa pada Materi Geometri, JNPM, 3 (1).
Sumartini, T.S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 8(3).
Ulfa, L., dan Wutsqa ,D. U.l. (2016). The Effectiveness of E-learning Media with Guided Discovery Method from The Perspective of Student’s Mathematics Problem Solving Skill, ICRIEMS Proceedings Published by Faculty Of Mathematics And Natural Sciences Yogyakarta State University.