Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Berdasarkan Analisis Kebutuhan Stakeholder dan Kompetensi Mahasiswa

Main Article Content

Priyantini Widiyaningrum
Agus Yulianto
Anggyi Trisnawan Putra
Dante Alighiri
Dian Tri Wiyanti

Abstract

Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa program studi nonkependidikan sesuai dengan tuntutan kurikulum sebagai penerapan teori yang telah diperoleh agar yang bersangkutan memperoleh pengalaman kerja di lapangan sesuai dengan bidangnya. Kompetensi yang diharapkan oleh industri praktis adalah keterampilan yang sesuai dengan bidangnya (hard skill) dan kompetensi sikap yaitu kerjasama dan motivasi yang tergolong dalam soft skill. Perguruan tinggi di Indonesia sedang berupaya untuk membentuk lulusannya dapat memiliki dua keterampilan tersebut. Tim pengelola PKL FMIPA UNNES memiliki program yakni Workshop PKL. Yang mana dalam program tersebut mempertemukan antara pengambil kebijakan di FMIPA dengan stakeholder dimana instansinya biasa menjadi tempat tujuan mahasiswa untuk melaksanakan program PKL. Dalam kegiatan tersebut dilakukan pelaporan terkait pengembangan PKL yang telah dilakukan, serta bagaimana memperbaiki sistem PKL saat ini dengan menerima masukan dan saran dari stakeholder. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan hasil berupa desain atau modul pengembangan program PKL, dimana masukan dan saran dari pengguna atau stakeholder dapat digunakan oleh pemangku kebijakan untuk menganalisa kebutuhan mahasiswa nonkependidikan sesuai kompetensi ataupun kurikulum di jurusan masing-masing.

Article Details

How to Cite
Widiyaningrum, P., Yulianto, A., Putra, A. T., Alighiri, D., & Wiyanti, D. T. (2020). Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Berdasarkan Analisis Kebutuhan Stakeholder dan Kompetensi Mahasiswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 665-669. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37646
Section
Articles

References

Fransiska, M., Yudana, I. M. dan Natajaya, N. (2013) “Kontribusi Praktek Kerja Industri, Bimbingan Karir Kejuruan, dan Ekspektasi Karir terhadap Kompetensi Kejuruan (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Tata Boga Undhira Bali),” Jurnal Penelitian Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Mashuri et al. (2018) Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Menggunakan SIMPKL. Semarang: Unnes.
Wahyudi, I., & Azheri, B. (2008). Corporate social responsibility: Prinsip, pengaturan dan implementasi. Institute for Strengthening Transition Society Studies (In-Trans Institute): Institute for Supporting Programe Institution and Research Development (Inspire).
Widjaja, Gunawan & Pratama, Yeremia Adi. 2008. Risiko Hukum & Bisnis Perusahaan Tanpa CSR. Jakarta : Niaga Swadaya.