Minat terhadap Penggunaan Paket Software Analisis Statistika Mahasiswa Tadris Matematika Iain Purwokerto

Main Article Content

Mutijah Mutijah
Fitria Zana Kumala
Heru Agni Setiaji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat terhadap penggunaan paket software SPSS dan R dalam  melakukan analisis data statistik, seberapa tingkat penguasaan terhadap paket software SPSS dan R untuk melakukan analisis data statistik, dan untuk mengetahui pengaruh antara minat terhadap penggunaan paket software SPSS dan R dengan penguasaan untuk melakukan analisis data statistik menggunakan paket software SPSS dan R mahasiswa Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Angket digunakan untuk memperoleh data minat terhadap penggunaan  paket software SPSS dan R. Hasil analisis validitas dan reliabilitas bahwa angket yang digunakan adalah valid dan reliabel. Dokumen digunakan untuk memperoleh data hasil penguasaan terhadap paket software SPSS dan R. Hasil Penelitian menunjukkan minat terhadap penggunaan paket software SPSS dan R berturut-turut sebesar  79,30% dan 79,11% yang termasuk kategori baik, tingkat penguasaan terhadap paket software SPSS sebesar 73,87% yang termasuk kategori baik, sedangkan tingkat penguasaan terhadap paket software R sebesr 39,94% yang termasuk kategori tidak baik, ada pengaruh antara minat terhadap penguasaan paket software SPSS dan R berturut-turut masing-masing sebesar 1,2% dan 4,2%.

Article Details

How to Cite
Mutijah, M., Kumala, F. Z., & Setiaji, H. A. (2020). Minat terhadap Penggunaan Paket Software Analisis Statistika Mahasiswa Tadris Matematika Iain Purwokerto. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 77-83. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37652
Section
Articles

References

Agus, T.B & Nano, P. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis (dilengkapi aplikasi SPSS dan EVIEWS).Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hadi, S. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan, Edisi Revisi.Yogyakarta: Andi Offset.
Rosadi, D. (2015). Analisis Statistika dengan R. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Santrock, J.W. (2014). Psikologi Pendidikan (Terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika.
Sembiring,R.K. (2003). Analisis Regresi Edisi Kedua. Bandung: ITB.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarli., Murdani, E., & Wijaya,A.K. (2017). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Fisika: Pengujian Jenis Kawat Konduktor Komersial. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika.30-34.
Tim Penyusun. (2016). Dokumen Kurikulum Berbasis Kompetensi Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Program Studi Tadris Matematika FTIK IAIN Purwokerto.
Tim Wahana Komputer. (2012). Panduan Praktis SPSS 20. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Widiyanto, J. (2010). SPSS for Windows untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta:BP-FKIP UMS