Pangkalan Data Program Studi Matematika sebagai Bentuk Adaptasi terhadap Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online

Main Article Content

Mashuri Mashuri
Muhammad Kharis
Muhammad Zuhair Zahid
M. Fikri Azmi Alfaqih

Abstract

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja. Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) adalah sistem yang dikembangkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh BAN-PT. SAPTO mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh perguruan tinggi, pemeriksaan dokumen,penugasan asesor dan validasi yang dilakukan, proses asesmen kecukupan (AK) dan asesmen lapangan (AL) oleh asesor. Program Studi Matematika meraih akreditasi peringkat unggul (A) pada tahun 2016 dan berlaku sampai tahun 2021. Perubahan kebijakan akreditasi yang menerapkan SAPTO dalam pelaksanaan akreditasi program studi, membuat Prodi Matematika harus menyesuaikan diri dan beradaptasi. Sangatlah penting bagi Prodi Matematika untuk menyiapkan pangkal data yang adaptif terhadap data yang diminta oleh SAPTO.

Article Details

How to Cite
Mashuri, M., Kharis, M., Zahid, M., & Alfaqih, M. (2020). Pangkalan Data Program Studi Matematika sebagai Bentuk Adaptasi terhadap Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 211-221. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37749
Section
Articles

References

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (2009a). Buku II Standar dan Prosedur Akreditasi Program Studi Sarjana. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (2009b). Buku VI Matriks Penilaian Akreditasi Program Studi Sarjana. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
Maanari, J. I., Sengkey, R., Wowor, H., & Rindengan, Y. D. Y. (2013). Perancangan Basis Data Perusahaan Distribusi dengan Menggunakan Oracle. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 2(2).
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No 16 Tahun 2016 (2016). Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 28 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen