Efektivitas Pembelajaran Visual scaffolding Berbasis GeoGebra untuk Membantu Siswa dalam Menemukan Konsep Fungsi Kuadrat dan Sifat-Sifatnya

Main Article Content

Hani Noviyanti
Angela Dewi Ika Christanti
Rosaria Crisma Serina

Abstract

Fungsi kuadrat merupakan salah satu materi matematika yang kompleks karena di dalamnya menuntut kemampuan analitis dan geometris siswa, akan tetapi untuk dapat menyelesaikan soal fungsi kuadrat, siswa harus mampu memahami secara utuh konsep materi fungsi kuadrat baik dari aspek analitis maupun geometrisnya. Hal tersebut dapat didukung dengan menggunakan media pembelajaran matematika seperti GeoGebra dengan menerapkan bimbingan belajar visual scaffolding. Berdasarkan uraian tersebut, maka pertanyaan yang akan dijawab pada penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran visual scaffolding berbasis GeoGebra dalam menemukan konsep fungsi kuadrat dan sifat-sifatnya. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Selanjutnya, profil efektivitas pembelajaran visual scaffolding berbasis GeoGebra dalam menemukan konsep fungsi kuadrat dan sifat-sifatnya dideskripsikan di bagian kesimpulan.

Article Details

How to Cite
Noviyanti, H., Christanti, A. D. I., & Serina, R. C. (2020). Efektivitas Pembelajaran Visual scaffolding Berbasis GeoGebra untuk Membantu Siswa dalam Menemukan Konsep Fungsi Kuadrat dan Sifat-Sifatnya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 612-620. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37831
Section
Articles

References

Anghileri, J. (2006). Scaffolding practices that enhance mathematics learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9(1), 33-52.
Edumatica, F. K. I. P., & Siregar, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Simulasi GeoGebra Pada Pembelajaran Grafik Fungsi Kuadrat. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(01), 11-20.
Farihah, U. (2015). Pengaruh Program Interaktif GeoGebra Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Persamaan Garis Lurus. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 1(2), 11-23.
Narohita, G. (2014). Pemanfaatan GeoGebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Grafik Fungsi Kuadrat. Indonesian Digital of Mathematics and Education.
Priyati, P., & Mampouw, H. L. (2018). Pemberian Scaffolding untuk Siswa yang Mengalami Kesalahan dalam Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat. JTAM| Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 87-95.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan GeoGebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122.
Rahmawati, A.W. (2014). Penalaran Siswa Dalam Menggambar Grafik Fungsi. MATHEdunesa, 3(3).
Rahmawati, N. T., Suparta, I. N., & Suweken, G. (2016). Pembelajaran Dengan Visual scaffolding Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Terbuka Materi Fungsi Kuadrat. Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Umairoh, L.H. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Fungsi Kuadrat. Skripsi. Universitas Muhammadiyah: Surakarta.
Widyaningrum, Y. T., & Murwanintyas, C. E. (2012). Pengaruh media pembelajaran geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik fungsi kuadrat di kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2012/2013. In Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika , 10.