Analisis Game Theory pada Strategi Bersaing Grab dan Go-Jek di Kabupaten Kebumen

Main Article Content

Wahyuni Windasari
Tuti Zakiyah

Abstract

Fenomena kehadiran layanan ojek online di Kebumen menimbulkan dampak adanya persaingan antar penyedia layanan transportasi online Grab dan Gojek di Kebumen. Dalam penelitian ini digunakan analisis game teori untuk mengetahui strategi terbaik yang dapat digunakan oleh kedua penyedia layanan transportasi online tersebut. Penelitian ini menggunakan delapan atribut pemasaran yaitu praktis, hemat biaya, keamanan, kenyamanan, promo, ketersediaan armada, pembayaran non tunai, dan kelengkapan fasilitas. Dari hasil penelitian diketahui nilai optimal sebesar 34. Adapun strategi terbaik yang digunakan oleh Grab untuk memperoleh keuntungan maksimal adalah strategi kenyamanan dan promo voucher dengan proporsi masing-masing sebesar 50%, sedangkan untuk Gojek strategi yang digunakan untuk memperkecil kekalahannya adalah atribut hemat biaya sebesar 20 % dan atribut keamanan sebesar 80%.

Article Details

How to Cite
Windasari, W., & Zakiyah, T. (2020). Analisis Game Theory pada Strategi Bersaing Grab dan Go-Jek di Kabupaten Kebumen. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 194-198. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37838
Section
Articles

References

Anggraini, D., & Putra, N. W. (2017). Aplikasi Logika Fuzzy dalam Teori Permainan untuk Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus: Persaingan Alfamart dan Indomaret). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 1 (1), 81-87.
Anindhita, W., Arisanty, M., & Rahmawati, D. (2016). Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online (Studi pada Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam Penggunaan Teknologi Komuniasi Tepat Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi). Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC.
Buchari, A. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Jenar. 2015. Pengembangan Model Game Theory pada Skema Persediaan Penyangga untuk Menjamin Ketersediaan dan Kestabilan Harga Komoditas Gula Pasir. Jurnal Teknik Industri X (2).
Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran jilid 1 edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Subagyo, P. (2009). Dasar¬ – Dasar Operation Research. Edisi 2. Yogyakarta : BPFE.