Teorema Pythagoras: Aplikasinya terhadap Teorema Heron dan Dimensi Tiga

Main Article Content

Rosida Marasabessy

Abstract

Teorema pythagoras pada dasarnya merupakan suatu teorema yang berlaku pada segitiga. Beberapa peneliti telah mengembangkan temuan mereka dengan memanfaatkan teorema ini misalkan saja teorema heron. Teorema heron adalah rumus untuk menentukan luas suatu segitiga dengan menggunakan panjang ketiga sisi segitiganya. Ada beberapa cara untuk membuktikan teorema heron ini, diantaranya dengan mengaplikasikan teorema pythagoras. Tak hanya teorema heron, pada dimensi tiga juga dapat diterapkan teorema phytagoras. Akan sangat bermanfaat jika memikirkan teorema pythagoras secara mendalam. Dengan demikian, dalam artikel ini akan dibahas mengenai teorema pythagoras. Pada pembahasan pertama meliputi uraian teorema pythagoras beserta buktinya. pada bagian ini disajikan tiga bukti berbeda dari teorema pythagoras. Pembahasan kedua meliputi konvers teorema pythagoras beserta buktinya. Ketiga, aplikasi dari teorema pythagoras, akan diuraikan melalui beberapa contoh dalam konteks pemecahan masalah dan pembuktian teorema heron. Pada bagian keempat akan diuraikan tentang teorema pythagoras di dimensi tiga. Dengan uraian keempat hal ini pembaca diharapkan memiliki pemahaman yang komprehensif tentang teorema pythagoras. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka.

Article Details

How to Cite
Marasabessy, R. (2021). Teorema Pythagoras: Aplikasinya terhadap Teorema Heron dan Dimensi Tiga. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 743-754. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44843
Section
Articles

References

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Euclid. (1908). The Thirteen Books of The Elements Vol. (Books I and II). Cambridge: University Press.
Givental, A. (2006). The Pythagorean theorem: What is it about?. The American Mathematical Monthly, 113(3), 261-265.
Molokach, J. 2010. Calculus Proof of the Pythagorean Theorem. (Online). (http://www.cut-the-knot.org/pythagoras/CalculusProof.shtml).
Jupri, A. (2019). Geometri Dengan Pembuktian Dan Pemecahan Masalah. ed. Bumi Aksara. Bandung.
Maor, E. (2007). The Pythagorean Theorem: A 4.000-Year History. Journal of Chemical Information and Modeling. Oxford: Princeton University Press.
Moise, E. E. (1990). Elementary Geometri from an Advanced Standpoint. New York: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
Sparks, J. C. (2013). The Pythagorean Theorem: Crown Jewel of Mathematics.
Strathern, P. (2009). Pythagoras & His Theorem. Arrow.
Shuttleworth, M. 2009. What is a Literature Review?. (Online). (https://explorable.com/what-is-a-literature-review, diakses 4 November 2020).
Veljan, D. (2000). The 2500-Year-Old Pythagorean Theorem. Mathematics Magazine, 73(4): 259–272.