Penerapan Model Regresi Data Panel dalam Menganalisis Determinan Capaian Pendidikan Perempuan di Indonesia Tahun 2016-2019

Main Article Content

Anggi Septiawan

Abstract

Capaian pendidikan perempuan selalu berada di bawah capaian pendidikan laki-laki. Rata-rata lama sekolah sebagai indikator capaian pendidikan menunjukkan bahwa rata-rata lama sekolah perempuan selalu lebih kecil dari rata-rata lama sekolah laki-laki. Rata-rata lama sekolah perempuan baru mencapai 7 tahun sedangkan laki-laki sudah mencapai 8 tahun. Kesenjangan gender dalam capaian pendidikan akan menghasilkan kualitas sumber daya manusia perempuan yang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis determinan capaian pendidikan perempuan di Indonesia tahun 2016-2019. Metode analisis yang digunakan adalah model regresi data panel. Random effect model terpilih sebagai model terbaik untuk mengestimasi data yang digunakan. Hasil dari pengolahan data menunjukan bahwa semakin besar proporsi pernikahan dini pada perempuan dan semakin banyak jumlah penduduk miskin, maka akan menurunkan capaian pendidikan perempuan di Indonesia. Sementara itu, ketika angka melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) semakin tinggi, maka capaian pendidikan perempuan di Indonesia akan semakin tinggi. Dari hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa capaian pendidikan perempuan dapat ditingkatkan dengan mencegah pernikahan dini pada perempuan, memperluas program pengentasan kemiskinan pada masyarakat, dan meningkatkan kapasitas penerimaan siswa pada jenjang SMP dan SMA/SMK. Langkah tersebut perlu dilakukan agar kesenjangan gender dalam capaian pendidikan dapat teratasi.

Article Details

How to Cite
Septiawan, A. (2021). Penerapan Model Regresi Data Panel dalam Menganalisis Determinan Capaian Pendidikan Perempuan di Indonesia Tahun 2016-2019. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 694-704. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44898
Section
Articles

References

Adetunde, I. A., Akensina, A. P., & Peter, A. (2008). Factors affecting the standard of female education: A case study of senior secondary schools in the Kassena-Nankana district. Journal of Social Sciences, 4(4), 338-342.
Bakir, Z., & Manning, C. (1983). Partisipasi Angkatan Kerja, Kesempatan Kerja dan Pengangguran di Indonesia. Pusat Penelitian dan Studi Kependudukan, Universitas Gadjah Mada.
Baltagi, B. H. (2005). Econometric Analysis of Panel Data. John Wiley & Sons Ltd.
Boserup, E. (1970). Woman’s Role in Economic Development. By Ester Boserup. St. Martin’s Press.
BPS. (2019). Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2019. Badan Pusat Statistik.
BPS. 2020a. Rata-rata Lama Sekolah (RLS) menurut Jenis Kelamin (Tahun), 2018-2019. (Online). (https://www.bps.go.id/indicator/40/459/1/rata-rata-lama-sekolah-rls-menurut-jenis-kelamin.html)
BPS. (2020b). Statistik Indonesia 2020: Penyediaan Data untuk Perencanaan Pembangunan. Badan Pusat Statistik.
Field, E., & Ambrus, A. (2006). Early Marriage and Female Schooling in Bangladesh. Harvard Papers.
Greene, W. H. (2012). Econometrics Analysis (7th ed.). Pearson.
Greene, W. H. (2018). Econometric Analysis (8th ed.). Pearson.
Gujarati, D. N. (2003). Basic Econometrics (4th ed.). McGraw-Hill.
Jensen, R., & Thornton, R. (2003). Early Female Marriage in the Developing World. Gender & Development, 11(2), 9–19.
Kahar, A. M. (2018). Analisis Angka Harapan Lama Sekolah di Indonesia Timur Menggunakan Weighted Least Squares Regression. Jurnal Matematika “Mantik,” 4(01), 32–41.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2020). Profil Perempuan Indonesia 2019.
Morrisson, C. (2002). Health, Education and Poverty Reduction. Policy Brief No. 19.
Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2000). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga (8 ed.). Erlangga.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan.
UNDP. (2018). 2018 Statistical Update: Human Development Indices and Indicators. http://hdr.undp.org/en/content/human-development-indices-indicators-2018-statistical-update
UNICEF. (2001). Early Marriage: Child Spouses. UNICEF, Innocenti Research Centre.