Kajian Teori: Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Main Article Content

Bondan Ramadhan Muktiari
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang luas cakupannya dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Melalui konsep matematika pengetahuan atau permasalahan konkret dibawa ke bentuk abstrak melalui pendefinisian variabel dan parameter. Trigonometri sebagai salah satu pokok bahasan matematika yang menggunakan operasi antar variabel. Peserta didik menyelesaikan permasalahan matematika dibutuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Guru diharapkan memperhatikan kemampuan berpikir matematis siswa. Dalam membantu pembelajaran matematika digunakan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dimaksudkan agar pembelajaran lebih efektif dan efisien. Model Pembelajaran Preprospec berbantuan TIK merupakan model pembelajaran yang sesuai digunakan di era sekarang. Selain itu, model pembelajaran tersebut dikembangkan salah satunya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research) yang menggambarkan pengembangan buku ajar. Pada penelitian studi literatur ini penulis menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal, dan dokumen-dokumen yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwa dengan adanya pengembangan buku ajar yang berorientasi pada model Pembelajaran Preprospec berbantuan TIK dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian berikutnya yang menarik untuk dikembangkan sebagai riset adalah bagaimana proses pengembangan buku ajarberorientasi pada model Pembelajaran Preprospec berbantuan TIK untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.

Article Details

How to Cite
Muktiari, B., & Dewi, N. (2021). Kajian Teori: Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 95-102. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44935
Section
Articles

References

Amsari, D. (2018). Implikasi Teori Belajar E. thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.
Asriningsih, T.M. (2014). Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada aspek berpikir kreatif. Gamatika, 5(1)
Aunurrahman. (2010). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Dewi, N.R. (2020). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Klaten : Penerbit Lakeisha.
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182-192.
Hermawan, D., & Prabawanto, S. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media teknologi informasi dan komunikasi terhadap kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1).
Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 116-122.
Purnomo, D. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Berpikir. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1/Maret).
Rajagukguk, W. (2011). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan teori belajar bruner pada pokok bahasan trigonometri di Kelas X Sma Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan TA 2009/2010. VISI (Majalah Universitas HKBP Nommensen), 19(01).
Rifa’i, R.C.A. & Anni, C.T. (2016). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang.
Rochmad, Masrukan. (2016). Studi KinerjaMahasiswa Dalam Menganalisis Materi PadaPembelajaran Kooperatif Resiprokal. JurnalKreano, 7(1), 47-57
Sutawidjaja, A., & Afgani, J. (2015). Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika, 1-25.
Trianto. (2011). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.