Meningkatkan Efikasi Diri Kepuasan Belajar dan Kemampuan Analisis Melalui Pembelajaran Andragogi Berprogram

Main Article Content

Bitman Manullang
Tan Hian Nio

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran andragogi berprogram guna meningkatkan: efikasi diri, kepuasan proses pembelajaran dan kemampuan analisis mahasiswa. Penelitian ekperimen kuasi dilaksanakan di program studi pendidikan matematika tahun 2019 pada mata kuliah analisis real. Data diperoleh dari tes dan angket yang telah divalidasi dan realiabilitasnya baik, kemudian dianalisis menggunakan normalitas gain, size effect Cohen’s D, dan regresi.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peningkatan efikasi diri dan kepuasan proses pembelajaran berpengaruh signifikan secara statistik pada peningkatan dan pencapaian kemampuan analisis, (2) Efikasi diri dan kepuasan proses pembelajaran memberikan kontribusi variasi peningkatan kemampuan analisis sebesar 51,1 persen, (3) Efikasi diri lebih dominan pengaruhnya dibandingkan kepuasan pada proses belajar untuk peningkatan dan pencapaian kemampuan analisis. Simpulannya pembelajaran andragogi berprogram efektif digunakan untuk meningkatkan efikasi diri, proses pembelajaran, dan kemampuan analisis mahasiswa yang diteliti.

Article Details

How to Cite
Manullang, B., & Nio, T. (2021). Meningkatkan Efikasi Diri Kepuasan Belajar dan Kemampuan Analisis Melalui Pembelajaran Andragogi Berprogram. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 87-94. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44960
Section
Articles

References

Anderson, L.W., & David R. Krathwohl (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. Addison Wesley Longman, Inc.
Ayshah, M. N., et al (2018). Developing Statistical Reasoning and Thinking Assessment for Engineering. The Asian Conference on Education & International Development 2018. Official Conference Proceedings.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy the Exercice of Contorl. USA: Freeman and Company.
Bartle,R.G., Sherbert, D.R. (2010). Introduction to Real Analysisi. 4 th edition. John Wiley & Sons, Inc.
Belinda. (2008). The Interplay Among Prospective Secondary Mathematics Teacher Affect, Metacognition, And Mathematical Cognition in A Problem Solving Context. (Doctoral Dissertation). The College of Education) Georgia State University.
Coben & Fitz Simons et al.,( 2003). International Adult Literacy Survey (IALS).
Cohen J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences. New York, NY. Routledge Academic.
Domenech, F., Laura Rosello, Amparo (2017). Efficaccy, Satisfaction, and Academic Achievement: the mediator role of student ‘expectancy-value belief. Publhis Online.
Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Multivariate dengan Program IBP SPSS.19. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Hake, R. R. (1999). Analysing Change/Gain Score Woodland Hills Dept. of Physics.
Indiana University. Diambil http://www.physics.indiana.edu/-sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf (diakses 13/9/2020).
Knowles, M. (1998). A Theory of Adult Learning Andragogy. Texas: Gulf Publishing Co.
Mussa, S., Muneja (2015). A Theoritical Basic for Adult Learning Facilitation. A Journal of Education and Practice. (Online) Vol.6, No.31, 2015.
Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembel. dan Kemahasiswaan. Jakarta, 2016.
Nazir, M. (1983). Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Penerbit Alfabeta: Bandung.
Sukestiyarno (2020). Penelitian Pendidikan. Penerbit: UNNES Press Semarang.
Yeri Sutopo, Ahmad Slamet (2017). Statistika Inferensial. Yogjakarta, Andi Offset.
Yoni Sunaryo (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTs N 2 Ciamis. Jurnal Teori dan Riset Matematika, Vol. 1 No. 2.