Pembelajaran Preprospec berbantuan TIK dengan Nuansa STEM dalam Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Nisa Farah Maulida
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang dipengaruhi oleh perkembangan industri 4.0, yang salah satu buktinya adalah adanya pembelajaran dengan berabantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pembelajaran dengan berbantuan TIK memberikan manfaat tersendiri bagi pelaku pendidikan, baik peserta didik maupun guru, apalagi dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, yang mana metode pembelajaran konvensional dialihkan menjadi virtual dalam bentuk teleconference, pembelajaran jarak jauh, e-learning, dan lain sebagainya. Salah satu alternatif dalam penggunaan TIK pada pembelajaran matematika adalah menggunakan model pembelajaran Preprospec. Model ini memiliki lima tahapan pembelajaran yaitu Prepare, Problem Solving, Presentation, Evaluation, Conclusion. Selain adanya tuntutan teknologi di pembelajaran di abad ke-21 ini, pengintegrasian empat disiplin ilmu dalam STEM yaitu science, technology, engineering, and mathematics juga masih dikembangkan di pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut mengenai pembelajaran Preprospec berbantuan TIK dengan nuansa STEM pada pembelajaran matematika

Article Details

How to Cite
Maulida, N., & Dewi, N. (2021). Pembelajaran Preprospec berbantuan TIK dengan Nuansa STEM dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 381-385. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45001
Section
Articles

References

Dewi, N R, Arini, F. Y., & Ardiansyah, A. S. (2020). Development of ICT-assisted preprospec learning models. J. Phys.: Conf, 1567 022098.
Dewi, Nuriana Rachmani. (2020). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Penerbit Lakeisha.
Holmlund, T. D., Lesseig, K., & Slavit, D. (2018). Making sense of “STEM education” in K-12 contexts. International Journal of STEM Education, 5(32), 2–18.
National Council of Supervisors of Mathematics (NCSM), & National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2018). Building STEM Education on a Sound Mathematical Foundation. (Online). (https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/Position_Statements/Building STEM Education on a Sound Mathematical Foundation (NCSM-NCTM 2018).pdf, diakses 11 Januari 2021).
Nurhayati, E., Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2020). The Correlation of Digital Literation and STEM Integration to Improve Indonesian Students’ Skills in 21st Century. International Journal of Asian Education, 1(2), 73–80.
Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Susanti, E., & Kurniawan, H. (2020). Design Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics). AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 37–52.
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165–172.
Winarni, J., Zubaidah, S., & H, S. K. (2016). STEM: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1, 976–984.
Wulandari, P. A., Dasna, I. W., & Nazriati. (2019). STEM Learning Can Improve Argumentation Skill: A literature Review. Seminar Nasional Kimia Dan Pembelajarannya (SNKP), Malang, 3 November 2019, 382–387.