PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KOMUNIKASI MATEMATIKA

Main Article Content

Nurina Kurniasari Rahmawati
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Banyak hal yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis dan komunikasi matematis siswa, seperti model pembelajaran guru dalam proses pembelajaran. Kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang memhasilkan kemampuan penalaran matematis yang lebih tinggi antara Brain Based Learning dan pembelajaran langsung dilihat dari kemampuan komunikasi matematikanya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental semu. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, 1) Model pembelajaran Brain Based Learning memberikan kemampuan penalaran matematis yang lebih baik dari pada model pembelajaran langsung. 2) siswa yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis tinggi memiliki penalaran matematis yang lebih baik dari siswa yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis sedang dan rendah, siswa yang mempunyai kemampuan komunikasi sedang memiliki penalaran matematis yang lebih baik dari siswa yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis rendah.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, N., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KOMUNIKASI MATEMATIKA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 386-392. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45007
Section
Articles

References

Adiansha, A. A., Sumantri, M. S., & Makmuri, M. (2018). Pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kreativitas. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 127. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2905
Ben-Zeev, T., & Star, J. (2001). Intuitive mathematics: Theoretical and educational implications. Dalam B. Torff & R. J. Sternberg (Eds.), Understanding and teaching the intuitive mind : student and teacher learning (pp. 29-56). Mahwah, N.J. : Lawrence Erlbaum Associates.
Caine, R. N., & Caine, G. (1994). Making connections: Teaching and the human brain. New York: Addison-Wesley.
Chasanah, C., Riyadi, , & Usodo, B. (2020). The Effectiveness Of Learning Models On Written Mathematical Communication Skills Viewed From Students' Cognitive Styles. European Journal of Educational Research, 9(3), 979-994. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.979
Fischbein, E. (1987). Intuition in science and mathematics: an educational approach Dordrecht D. Reidel.
Jensen, Eric. 2008. Brain-based learning: The new paradigm of teaching. Corwin Press.
Kadarisma, G., Nurjaman, A., Sari, I. P., & Amelia, R. (2019, February). Gender and mathematical reasoning ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 4, p. 042109). IOP Publishing.
Kartono, & Shora, R. Y. (2020). Effectiveness of Process Oriented Guided Inquiry Learning with Peer Feedback on Achieving Students' Mathematical Reasoning Capabilities. International Journal of Instruction, 13(3), 555-570. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13338a
Kusumah, Y. S., Kustiawati, D., & Herman, T. (2020). The Effect of GeoGebra in Three-Dimensional Geometry Learning on Students' Mathematical Communication Ability. International Journal of Instruction, 13(2), 895-908.
Lestari, Karunia Eka. (2014). "Implementasi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP." Judika (Jurnal pendidikan UNSIKA) 2(1): 36-46.
Lestari, E. Y., Robandi, B., & Fitriani, A. D. Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Antara Model Brain Based Learning Dengan Model Ekspositori. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 255-263.
McLarty, C. (1997). Poincaré: Mathematics & Logic & Intuition. Philosophia Mathematica. 5(2): 97-115.
Metcalfe, J. (1987). Intuition in insight and noninsight problem solving. Memory & Cognition. 15(3): 238-246.
Nolt, J. E. (1983). Mathematical Intuition. Philosophy and Phenomenological Research. 44(2): 189-211.
Pahrudin, A., Ahid, N., Huda, S., Ardianti, N., Putra, F. G., Anggoro, B. S., & Joemsittiprasert, W. (2020). The Effects of the ECIRR Learning Model on Mathematical Reasoning Ability in the Curriculum Perspective 2013: Integration on Student Learning Motivation. European Journal of Educational Research, 9(2), 675-684.
Parsons, C. (1993). On Some Difficulties Concerning Intuition and Intuitive Knowledge. Mind. 102(406): 233-246.
Hersh, Reuben. 1997. What Is Mathematics, Really?. New York. Oxford University Press.
Sandy, W. R., Inganah, S., & Jamil, A. F. (2019). The Analysis of Students’ Mathematical Reasoning Ability in Completing Mathematical problems on Geometry. Mathematics Education Journals, 3(1), 72-79.
Sa’o, Sofia. (2016). "Berpikir Intuitif sebagai Solusi Mengatasi Rendahnya Prestasi Belajar Matematika." Jurnal Review Pembelajaran Matematika 1(1): 43-56.
Sher, G., & Tieszen, R. L. (2000). Between logic and intuition: essays in honor of Charles Parsons (C. Parsons, G. Sher & R. L. Tieszen, Terjemahan.). Cambridge, U.K. ; New York: Cambridge University Press.
Siregar, S. U., Julyanti, E., Siregar, J. E., & Watrianthos, R. (2019). Improving communication ability and mathematical self efficacy of elementary school students through the realistic mathematics learning approach. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(3), 31–33. https://doi.org/10.31227/osf.io/kawxv
Siregar, N. C., Rosli, R., & Maat, S. M. (2020). The Effects of a Discovery Learning Module on Geometry for Improving Students’ Mathematical Reasoning Skills, Communication and Self-Confidence. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(3).
Stavy, R., & Tirosh, D. (2000). How students (mis-)understand science and mathematics: Intuitive rules. New York: Teachers College Press.
Sukmana, Agus. "Profil berpikir intuitif matematik." (2011).
Weinberg, J. M., Gonnerman, C., Buckner, C., & Alexander, J. (2010). Are philosophers expert intuiters? Philosophical Psychology. 23(3): 331 - 355.
Wilder, R. L. (1967). The Role of Intuition. Science. 156(3775): 605-610.
Wisudawati, A. (2014). Penerapan Pembelajaran Fisika Berdasarkan Strategi Brain Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Elastisitas Kelas XI di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).