Perbandingan Image RGB dan Grayscale pada Pengkodean Image dengan Algoritma 3D Playfair

Main Article Content

Farokhi Abdiansyah
Kiswara Agung Santoso
Ahmad Kamsyakawuni

Abstract

Perkembangan informasi memudahkan manusia dalam proses pengiriman data. Bentuk data yang dikirim salah satunya dapat berupa image yang berformat hitam putih, RGB, atau grayscale.  Proses pengiriman image terkadang terjadi suatu kesalahan, salah satunya disebabkan oleh adanya rekayasa image atau penyebaran image secara tidak sah atau ilegal dapat merugikan pemilik atau suatu lembaga, maka perlu mengamankan image pengirim dari pengguna yang tidak sah atau ilegal agar image yang dikirim dapat tersampaikan dengan aman. Cara untuk mengamankan image dapat menggunakan teknik kriptografi, salah satunya yaitu Algoritma 3D Playfair. Algoritma 3D Playfair pada umumnya digunakan untuk mengkodekan teks, namun algoritma ini dapat pula digunakan untuk mengkodekan image 


Artikel ini membicarakan tentang peningkatan keamanan pada pengamanan image menggunakan Algoritma 3D Playfair. Kunci yang digunakan pada penelitian ini menggunakan empat tabel berukuran 8  yang mendukung nilai pixel (0-255) kemudian dijadikan acuan untuk proses enkripsi dan dekripsi. Secara visual proses enkripsi image RGB dan image grayscale menggunakan Algoritma 3D Playfair menghasilkan image yang terlihat acak atau sulit diinterpretasikan. Proses dekripsi berhasil mengembalikan cipherimage seperti image aslinya. Selain itu penulis juga membandingkan hasil pengkodean menggunakan 3D Playfair pada image RGB dan image grayscale.

Article Details

How to Cite
Abdiansyah, F., Santoso, K., & Kamsyakawuni, A. (2021). Perbandingan Image RGB dan Grayscale pada Pengkodean Image dengan Algoritma 3D Playfair. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 524-533. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45012
Section
Articles

References

Fatta, H. A. 2007. Konversi Format Image RGB Ke Format Grayscale Menggunakan Visual Basic. Seminar Nasional Teknologi 2007 (SNT 2007). Yogyakarta: STMIK AMIKOM.
Ibrahim, R. N. 2012. Kriptografi Algoritma DES,AES/Rijndael,Blowfish Untuk Keamanan Citra Digital Dengan Menggunakan Metode Discrete Wavelet Transformation (DWT). Jurnal Computech dan Bisnis. 6(2): 82-95.
Setiadi, D. R. I. M., E. H. Rachmawanto, dan C. A. Sari. 2017. Implementasi One Time Pad Kriptografi Pada Gambar Grayscale Dan Gambar Berwarna. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call For Papers Unisbank Ke 3(SENDI_U 3). Semarang: Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Sukmawati, R. A. 2019. Perbandingan Playfair Cipher Dengan 3D Playfair Cipher Pada Pengaman Image. Skripsi. Jember: Program Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember.
Wu, Y., J. P. Noonan, dan S. Agaian. 2011. NPCR and UACI Randomness For Image Encryption. Journal of Selected Areas in Telecommunications (JSAT),pp. 31-38.