Modifikasi Huffman dengan hill cipher pada Pengkodean Data Teks

Main Article Content

Giki Krisnawanti
Kiswara Agung Santoso
Ahmad Kamsyakawuni

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat dapat mengakibatkan keamanan informasi menjadi sangat rentan untuk diketahui. Dalam menangani permasalahan tersebut, diperlukan suatu metode untuk menjaga keamanan informasi yang ingin disampaikan. Salah satu metode yang mampu menjaga keamanan informasi adalah dengan kriptografi. Algoritma yang dapat digunakan dalam kriptografi sangat beragam. Artikel ini membahas tentang modifikasi algoritma Huffman dengan hill cipher. Algoritma Huffman dipilih karena dapat melakukan pemampatan data sekaligus enkripsi, sedangkan hill cipher digunakan karena menggunakan kunci matriks  yang mempunyai sifat unik. Modulo dalam hill cipher mengalami perubahan dari 26 menjadi 95. Selain itu, rumus hill cipher mengalami modifikasi dengan adanya pengurangan dan penambahan 32. Agar karakter yang digunakan berada dalam rentang ASCII printable characters. Metode yang digunakan adalah pembentukan kunci hill cipher, proses enkripsi, dan proses dekripsi. Pada proses dekripsi juga dapat mengembalikan ciphertext ke dalam bentuk plaintext.

Article Details

How to Cite
Krisnawanti, G., Santoso, K., & Kamsyakawuni, A. (2021). Modifikasi Huffman dengan hill cipher pada Pengkodean Data Teks. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 534-539. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45017
Section
Articles

References

Auliyah, A. I. 2020. Implementasi Kombinasi Algoritma Enkripsi Rivest Shamir Adleman (RSA) dan Algoritma Kompresi Huffman pada File Document. Indonesian Journal of Data and Science. 1(1): 23-28.
Azis, N. 2018. Perancangan Aplikasi Enkripsi Dekripsi Menggunakan Metode Caesar Chiper dan operasi XOR. IKRAITH Informatika. 2(1): 72-80.
Hasugian, A. H. 2013. Implementasi Algoritma Hill Cipher dalam Penyandian Data. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma. 4(2): 115-122.
Pahdi, A. 2017. Algoritma Huffman dalam Pemampatan dan Enkripsi Data. Indonesian Journal on Networking and Security. 6(3): 1-7.
Pardede, A. M. H., Hamunurung, H., & Filina, D 2017. Algoritma Vigenere Cipher Dan Hill Cipher Dalam Aplikasi Keamanan Data Pada File Dokumen. Jurnal Teknik Informatika Kaputama. 1(1): 26-33.
Rahmawati, R. 2017. Penggabungan Vigenere Cipher dengan Hill Cipher pada Pengkodean Plaintext dengan Kunci Bertahap. Skripsi. Jember: Universitas Jember.
Setyaningsih, E. 2015. Kriptografi dan Implementasinya Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi Offset.
Wardani, R. D., & Kurniawan, S. M. 2019. Penerapan Teori Bilangan untuk Menentukan Kongruensi pada Lampu Lalu Lintas. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. 13(1): 47-52.