Pengkodean Teks menggunakan Kombinasi Hill Cipher dan Operasi XOR

Main Article Content

Rif’atul Makhomah
Kiswara Agung Santoso
Ahmad Kamsyakawuni

Abstract

Perkembangan zaman membuat teknologi infomasi dan komunikasi semakin maju. Penting untuk menjaga keamanan pesan agar tidak diketahui oleh pihak lain salah satunya dengan menggunakan ilmu kriptografi. Salah satu teknik kriptografi klasik yang memanfaatkan aritmetika modulo dan operasi matriks yaitu algoritma hill cipher, dimana untuk proses enkripsi dan dekripsi menggunakan kunci matriks. Disini penulis tertarik mengkombinasikan hill cipher dengan operasi XOR. Plaintext awal di-XOR-kan dengan jumlah setiap kolom kunci matriks yang nantinya akan menjadi plaintext baru dilanjutkan dengan enkripsi dan dekripsi hill cipher.

Article Details

How to Cite
Makhomah, R., Santoso, K., & Kamsyakawuni, A. (2021). Pengkodean Teks menggunakan Kombinasi Hill Cipher dan Operasi XOR. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 548-552. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45024
Section
Articles

References

Mujaddid, A., Sumarsono. 2017. A Modifying of Hill Cipher Algoritm with 3 Substitution Caesar Cipher. PROC. INTERNAT. CONF. SCI. ENGIN. 1:157-163.

Rahmawati, R. 2017. Penggabungan Vigenere Cipher dengan Hill Cipher pada Pengkodean Plaintext dengan Kunci Bertahap. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Setyaningsih, E. 2015. Kriptografi dan Implementasinya Menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Andi Offset.

Suhardi. 2016. Aplikasi Kriptografi Sederhana dengan Metode Exlusive-or (XOR). Jurnal Teknovasi. 3(2): 23-31.