Keefektifan Constructive Feedback dalam Problem Based Learning pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa

Main Article Content

Mardiyani Puspita Arum
Kartono Kartono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah pembelajaran Problem Based Learning dengan Constructive Feedback efektif pada pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode penelitian ini adalah mixed methods atau penelitian metode kombinasi. Desain untuk penelitian ini menggunakan sequential explanatory dengan bentuk posttest only control design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semarang. Pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara acak kelas yaitu kelas VIII H sebagai kelas kontrol dan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen. Pemilihan subjek dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dimana subjek yang dipilih yaitu 2 subjek pada kategori rasa ingin tahu tinggi, 2 subjek pada kategori rasa ingin tahu tingkat sedang, dan 2 subjek pada kategor rasa ingin tahu tingkat rendah. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes tertulis kemampuan berpikir kreatif matematis, pengisian angket rasa ingin tahu, dan wawancara subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran PBL dengan constructive feedback dikatakan efektif pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (2) deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan rasa ingin tahu diperoleh bahwa dengan rasa ingin tahu tinggi dapat memenuhi empat indikator berpikir kreatif matematis, siswa dengan rasa ingin tahu tingkat sedang dapat memenuhi dua sampai tiga indikator kemampuan berpikir kreatif, dan siswa dengan rasa ingin tahu tingkat rendah dapat memenuhi dua sampai satu indikator kemampuan berpikir kreatif.

Article Details

How to Cite
Arum, M., & Kartono, K. (2021). Keefektifan Constructive Feedback dalam Problem Based Learning pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 303-309. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45047
Section
Articles

References

Akinoglu, O., & Tandongan. 2007. The Effect of Problem Based Active Learning in Science Education on Students Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematcs, science & Technology Education, 3 (1): 71-81.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bhattarai, M. D. 2007. The Priciple of Constructive Feedback. Journal Assesment & Evaluation in Higher Education, 46 (3): 151-156.
Bedford, S. 2007. Formative Peer and Self Feedback as A Catalyst for Change Within Science Teaching. Journal of Chemistry Education Research and Practice. 8 (1): 80-92.
Depdiknas. 2013. Permendikbud RI Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2013. Permendikbud RI Nomor 81 Tahun 2013 Tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2014. Permendikbud RI Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Faturrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hapsari, D. T., Supriyono, & Hendikawati, P. 2015. Keefektifan Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Media Pomat terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII Materi Segitiga. Unnes Journal of Mathematics Education, (4) 3: 250-256.
Hendriana, H. 2014. Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Bandung: STKIP Siliwangi.
Mardhiyana, D., Sejati, E. O. W. 2016. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5 (1): 672-688.
Nasution, N. 2005. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Omer, dkk. 2015. The Criteria of Constructive Feedback: The Feedback that Counts. Journal of Health Specialties, 45 (1): 45-47.
PISA. 2015. Programme for International Students Assesment (PISA). OCEAD 2016.
Prastiti, T. D., Tresnaningsih, S., & Mairing, J. P. 2018. Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA N di Surabaya. AdMathEdu, 8 (1): 83-94.
Puspendik. 2019. Penguasaan Materi Ujian Nasional. Tersedia di https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/
Rifa’i, A. & Anni. 2015. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Solehuzain, & Dwidayati, N. K. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem Based Learning dengan Masalah Open Ended. UNNES Journal of Mathematics Education Research, 6 (1): 103-111.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wardono. 2017. Statistika Penelitian Pendidikan. Semarang: FMIPA UNNES Press.
Zulva, R., & Gusnedi. 2015. Pengaruh Pemberian Constructive Feedback dalam Asesmen Portofolio Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMAN 3 Padang. Education and Science Physics Journal, 2 (1): 9-14.
Zulva, R. 2016. Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Rasional Siswa SMA dengan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Constructive Feedback. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5 (1): 61-69.