Eksplorasi Sense of Belonging to Mathematics (SBM) Mahasiswa dalam Era Pembelajaran Online

Main Article Content

Endang Retno Winarti
Kartono Kartono
Masrukan Masrukan

Abstract

Menumbuhkan sense of belonging to mathematics adalah sebagai hal mendasar dalam penelitian pendidikan, terlepas dari factor-faktor yang lain. Pembelajaran online tentu saja memberikan kesempatan belajar yang fleksibel tetapi disertai dengan masalah penting dalam masa pandemi sekarang ini. Untuk pembelajar online, memelihara sense of belonging to mathematics dapat memberikan cara untuk meningkatkan pengalaman dan pencapaian mereka. Penelitian yang secara khusus mengeksplorasi sense of belonging to mathematics dan pembelajaran online sampai saat ini masih terbatas. Artikel ini membahas eksplorasi sense of belonging to mathematics dan melaporkan studi eksplorasi dalam  skala kecil menggunakan metode pengumpulan dan analisis data kualitatif untuk menyelidiki pentingnya, atau tidak, sense of belonging to mathematics untuk pendidikan online mahasiswa jurusan matematika dengan mengeksplorasi pengalaman hidup mereka, pembelajaran online dan sense of belonging to mathematics di dalamnya. Temuan awal peneliti menekankan pentingnya bagi mahasiswa sebagai pembelajar online dan telah mengidentifikasi tiga tema penting: interaksi/keterlibatan, budaya pembelajaran, dan motivasi. Penemuan awal ini menyoroti pentingnya ketiga tema ini dalam mempromosikan sense of belonging to mathematics dan dalam memastikan bahwa ada peluang untuk interaksi yang bermakna bagi semua yang terlibat dalam pembelajaran online.

Article Details

How to Cite
Winarti, E., Kartono, K., & Masrukan, M. (2021). Eksplorasi Sense of Belonging to Mathematics (SBM) Mahasiswa dalam Era Pembelajaran Online. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 463-469. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45082
Section
Articles

References

Creswell, J. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). London, UK: Sage Publications.

Davis. GM, Hanzsek-Brill. M.B, Petzold.M.C & Robinson.D.H. (2019). Students’ Sense of Belonging: The Development of a Predictive Retention Model. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 19(1), 117-127.

Good, G.R & Dweek, C.S. (2011). Why do women opt out? Sense of Belonging and women’s representation in mathematics. Journal of Personality and Social Psychology. 102(4).700-717.

Meehan, M. Shuilleabhain, A.N. & Howard, E.(2018). Students’ sense of belonging to mathematics in the secondary-tertiary transition. https://www .researchgate.net/publication/329844727.

Suharwoto, G.(2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid19 tantangan yang mendewasakan: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/261667.

Peacock, S. Cowan, J. Irvine L, Williams, J. (2020). An Exploration Into the Importance of a Sense of Belonging for Online Learners. International Review of Research in Open and Distributed Learning. 21(2): 19-35.