Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar dalam Aktivitas Math Trail

Main Article Content

Arif Rahman Hakim
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu sorotan utama dalam pembelajaran matematika, melatihkan kemampuan pemecahan masalah menggunakan soal non-routine dalam lingkungan dunia nyata merupakan salah satu hal yang diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah bangun ruang dalam aktifitas Math Trail. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar kelas IV MI Jamiyatul Ulum Tawangharjo. Subjek penelitian dipilih menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, lembar jawab, dan lembar wawancara. Sedangkan tahapan analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun sama-sama memiliki peringkat yang baik di kelas, siswa laki-laki cenderung lebih kreatif dan mampu menyelesaikan masalah dengan lebih cepat. Siswa perempuan cenderung memilih penyelesaian yang sederhana dan cenderung lebih lambat dalam menyelesaikan masalah geometri pada aktifitas math trail yang diberikan.

Article Details

How to Cite
Hakim, A., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar dalam Aktivitas Math Trail. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 150-157. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/53980
Section
Articles

References

Awaliyah, F., Soedjoko, E., & Isnarto, I. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Model Auditory Intellectualy Repetition. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 243–249. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.10965
Barbosa, A., & Vale, I. (2016). Math trails: Meaningful mathematics outside the classroom with pre-service teachers. Journal of the European Teacher Education Network, 11(135), 63–72.
Cahyono, A. N., Ludwig, M., & Marée, S. (2015). Designing Mathematical Outdoor Tasks for the Implementation of The MathCityMap-Project in Indonesia. In C. Vitro-Yu (Ed.), In pursuit of quality mathematics education for all: Proceedings of the 7th ICMI-East Asia Regional Conference on Mathematics Education (Issue May, pp. 151–158). Philippine Council of Mathematics Teacher Educators (MATHTED), Inc.
Chaudhry, N. G., & Rasool, G. (2012). A Case Study on Improving Problem Solving Skills of Undergraduate Computer Science Students. World Applied Sciences Journal, 20(1), 34–39. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2012.20.01.1778
Edi, T. M., & Nayazik, A. (2019). Penerapan “ Rute Emas ” sebagai Salah Satu Desain “ Math Trail ” untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 273–292. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i12.842
Fessakis, G., Karta, P., & Kozas, K. (2018). Designing math trails for enhanced by mobile learning realistic mathematics education in primary education. International Journal of Engineering Pedagogy, 8(2), 49–63. https://doi.org/10.3991/ijep.v8i2.8131
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 07(1), 44–54.
Ismaya, B. F., Cahyono, A. N., & Mariani, S. (2018). Kemampuan Penalaran Matematika dengan Math Trail Project berbantuan MathCityMap. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 17–26.
Karatas, I., & Baki, A. (2013). The effect of learning environments based on problem solving on students’ achievements of problem solving. International Electronic Journal of Elementary Education, 5(3), 249–267.
Lestari, W., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1141. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3661
Ludwig, M., & Jablonski, S. (2019). Doing Math Modelling Outdoors- A Special Math Class Activity designed with MathCityMap. 5th International Conference on Higher Education Advances (HEAd’19), 1–8. https://doi.org/10.4995/HEAD19.2019.9583
Nafi’an, M. I. (2011). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gender Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 978–979.
OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do: Vol. I. OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Osman, S., Che Yang, C. N. A., Abu, M. S., Ismail, N., Jambari, H., & Kumar, J. A. (2018). Enhancing Students’ Mathematical Problem-Solving Skills through Bar Model Visualisation Technique. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3). https://doi.org/10.12973/iejme/3919
Polya, G. (1957). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed.). Princeton University Press. http://www.jstor.org/stable/10.2307/j.ctvc773pk
Prabawa, E. A., & Zaenuri. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120–129.
Rofiqoh, Z., Rochmad, R., & Kurniasih, A. W. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9344
Santos-Trigo, M. (2014). Problem Solving in Mathematics Education. In Encyclopedia of Mathematics Education (pp. 496–501). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8_129
Shoaf, M. M., Pollak, H., & Schneider, J. (2004). Math Trails. COMAP.
Widada, W., Herawaty, D., Anggoro, A. F. D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018), 295(ICETeP 2018), 13–16. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.4