Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Pembelajaran Daring dengan Flipped Classroom

Main Article Content

Vita Kusumasari
Tjang Daniel Chandra
Makbul Muksar
Rustanto Rahardi

Abstract

Paradigma pembelajaran tatap muka yang bergeser menjadi pembelajaran daring membutuhkan inovasi dalam implementasinya. Salah satu hal yang berperan pada implementasi pembelajaran daring yaitu media elektronik berupa e-modul. Lebih lanjut, e-modul dapat dipadukan dengan model pembelajaran interaktif. Pengembangan ini menghasilkan e-modul berbasis problem based learning yang mendukung pembelajaran flipped classroom secara daring. E-modul yang dihasilkan mengarahkan pada pemecahan masalah sebelum pelaksanaan pembelajaran daring yang merupakan prinsip pembelajaran dengan flipped classroom. Pembelajaran flipped classroom dapat dibagi dalam dua langkah, yaitu penugasan dan pembahasan, yang mengacu pada tahapan problem based learning. Tahapan problem based learning berupa orientasi terhadap masalah, mengorganisasi pencarian informasi, dan penugasan untuk menyelesaikan masalah mendukung pembelajaran flipped classroom pada langkah penugasan. Langkah pembahasan pada pembelajaran flipped classroom didukung oleh tahapan problem based learning berupa presentasi hasil diskusi dan penguatan penyelesaian masalah. Alur pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap prototipe, dan tahap evaluasi. Tahap pendahuluan dilakukan analisis masalah berdasarkan penyebaran angket mengenai pelaksanaan perkuliahan daring yang mengidentifikasi bahwa diperlukan interaksi dalam perkuliahan daring. Tahap prototipe menghasilkan prototipe e-modul yang dapat digunakan pada tahap uji coba berdasarkan hasil validasi. Tahap evaluasi memberikan hasil penerapan e-modul. Hasil penerapan e-modul menunjukkan adanya respon positif dari mahasiswa sebagai pengguna dan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dipelajari dalam kategori baik. Faktor pendukung penerapan e-modul pada pembelajaran flipped classroom adalah dapat mengoptimalkan interaksi kolaboratif antar mahasiswa di luar kelas pada langkah penugasan berdasarkan tahapan problem based learning.

Article Details

How to Cite
Kusumasari, V., Chandra, T., Muksar, M., & Rahardi, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Pembelajaran Daring dengan Flipped Classroom. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 195-201. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54109
Section
Articles

References

Aini, N. R., Syafril, S., Netriwati, N. Pahrudin, A, Rahayu, T. & Puspasari, V. (2018). Problem-Based Learning for Critical Thinking Skills in Mathematics. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1155 012026, 1-7.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.
Byun, H. (2020). Efficacy Verification of Team Learning Satisfaction, Problem Solving Ability, and Communication Ability of Problem Solving Process Classes Applying Action Learning, Problem-Based Learning, and Mentoring. J Probl Based Learn 2020; 7(2), 63-73.
Dewi, M. S. A. & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 3, 433-441.
Imania, K. A. N. & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped Classroom dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Kuliah Stategi Pembelajaran. Jurnal PETIK, Vol. 6, No. 2, 45-50.
Kemdikbud. (2020). Flipped Classroom Model: Solusi bagi Pembelajaran Darurat Covid-19. (Online) (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/07/flipped-classroom-model-solusi-bagi-pembelajaran-darurat-covid19, diakses 9 Oktober 2021)
Linda, R., Zulfarina, Mas’ud, & Putra, T. P. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 9, No. 2, 191-200.
Maulidia, F., Johar, R., & Andariah. (2019). A Case Study of Students’ Creativity inSolving Mathematical Problems Through Problem Based Learning. Infinity, Journal of Mathematics Education, Vol. 8, No. 1, 1-10.
Mertayasa, I N. E. (2019). E-Modul Interaktif Berorientasi Vak Content Mata Pelajaran Komunikasi Data. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Vol. 8, No. 3, 208-217.
Mushlihuddin, R., Nurafifah, & Irvan. (2018). The Effectiveness of Problem-Based Learning on Students’
Problem Solving Ability in Vector Analysis Course. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 948 012028, 1-6.
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jember: Pena Salsabila.
Pinontoan, K. F., Walean, M., & Lengkong, A. V. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan e-Modul pada Flipped Classroom Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar dan Intensi Berwirausaha. JINOTEP, Vol 8 (1), 1-10.
Plomp, T. (2010). An Introduction to Educational Design Research. SLO, Netherlands Institute for Curriculum Development.
Pulungan, N. E., Sitompul, P., & Manullang, M. (2018). The Effect of Problem-Based Learning and Direct Instruction Learning on Creative Thinking and Mathematics Problem Solving Ability of Students. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, Vol. 200, 196-200.
Ritonga, A. F., Nurcahyanti, O. & Syafaat, M. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan E-Modul Interaktif Berbasis Schoology pada Materi Momentum dan Impuls di Universitas Binawan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol. 6, No. 4, 15-21.
Universitas Negeri Malang. (2020). Pedoman Pendidikan Edisi 2020. Malang: Universitas Negeri Malang.
Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 15, No. 2, 188-199.
Wulandari, D. D., Adnyana, P. B. & Santiasa, I M. P. A. (2020). Penerapan E-Modul Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, Vol. 7, No. 2, 66-80.