Kajian Teori: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Main Article Content

Regilsa Fariz
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dasar yang sangat diperlukan oleh siswa untuk dapat memecahkan masalah yang lebih kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hasil studi yang dilakukan oleh  Programme for International  Student  Assesment (PISA) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa indonesia masih rendah. Oleh karena itu diperlukan solusi dan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengembangan media pembelajaran interaktif pada model pembelajaran preprospec berbantuan TIK dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Pengembangan media interaktif  dilakukan dengan bantuan articulate storyline 3. Articuate storyline 3 merupakan software serupa powerpoint dan flash yang dapat digunakan untuk memproduksi media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif ini akan berfokus pada pokok bahasan  fungsi komposisi dan invers fungsi. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan. sumber-sumber dari penelitian ini berupa artikel jurnal, buku, dan dokumen-dokumen lain yang saling berkaitan. Hasil studi menunjukkan dengan adanya pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan articulate storyline 3 pada model pembelajaran preprospec berbantuan TIK dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian selanjutnya yang menarik untuk dikembangkan menjadi riset adalah bagaimana proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan articulate storyline 3 pada model pembelajaran preprospec berbantuan TIK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Article Details

How to Cite
Fariz, R., & Dewi, N. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 304-310. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54191
Section
Articles

References

Aditya, D. Y., & Solihah, A. (2021). Mengembangkan Konsep Bangun Ruang dengan Teori Belajar Bruner Pada Sekolah Menengah Pertama. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) 2 ( 1).
Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.
Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty, I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-16.
Depdiknas (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dewi, N.R. (2020). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Herawati, A. (2012). Pembelajaran kooperatif TAI dan game puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 3 Malang. Pembelajaran kooperatif TAI dan game puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 3 Malang/Any Herawati.
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.
Jubaerudin, J. M., Supratman, S., & Santika, S. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pendemi. JARME: Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 3(2), 178-189.
Margiati, K. Y. (2014). Peningkatan Aktivitas Siswa Pembelajaran Matematika dengan Penerapan Teori Belajar Bermakna David Ausubel di Kelas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7).
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
EOCD. 2019. Indonesia-EOCD (Online) (https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf, diakses pada 8 Oktober 2021)
Rahmah, N., Jusmawati, J., & Aminah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran GES-Math Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) MTsN. Alauddin Journal of Mathematics Education, 3(1), 38-52.
Saputra, A. S. A., & Suryandi, L. S. L. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Prespektif Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran. PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198-206.
Sattriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 950-963.
Silviyani, D., Lestari, W. D. & Wiralodra, U. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Medoa Pembelajaran. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 46–55.
Siregar, R., Ardiana, N., & Lubis, J. R. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas X Man Padang Lawas Utara. JURNAL MathEdu : Mathematics Education Journal, 2(02), 76-84.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.