Eksplorasi Etnomatematika Berdasarkan Aktivitas Fundamental pada Rumah Adat Bubungan Lima Bengkulu

Main Article Content

Anastasia Tika Dwi Kurniastuti
Bernadheta Sari Kusherawati
Damianus Yoel Anggoro Santoso

Abstract

Etnomatematika dapat dipandang sebagai representasi bentuk kebudayaan dalam bidang matematika. Salah satu aspek yang dapat dikaji adalah rumah adat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah, filosofi dan mendeskripsikan aktivitas fundamental pada rumah adat Bubungan Lima. Objek dalam penelitian ini adalah rumah adat Bubungan Lima Provinsi Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Langkah – langkah penelitian yang dilakukan meliputi: (1) mengumpulkan dan mendalami literatur; (2) mendeskripsikan hasil kajian literatur; (3) mengidentifikasi, menguraikan, dan menganalisis enam aspek matematika menurut Bishop; (4) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fundamental matematika yang ditemukan yaitu counting, measuring, locating, designing dan explaining. Kegiatan yang menunjukkan aktivitas fundamental pada rumah adat Bubungan Lima adalah menentukan jumlah anak tangga dan tiang penyangga yang ada pada rumah adat Bubungan Lima, menentukan ukuran bangunan untuk atap dan tiang, menempatkan motif ukiran rumah, adanya desain dalam bangunan dan bentuk atap rumah adat Bubungan Lima, menjelaskan bentuk rumah adat serta penjelasan filosofi dari setiap bagian yang ada pada rumah adat Bubungan Lima.

Article Details

How to Cite
Kurniastuti, A., Kusherawati, B., & Santoso, D. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Berdasarkan Aktivitas Fundamental pada Rumah Adat Bubungan Lima Bengkulu. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 320-326. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54196
Section
Articles

References

Anandy, R. (2016). Studi Tentang Bentuk dan Penempatan Ukiran Rumah Adat Bubungan Lima Bengkulu.
Bishop, A. . (1988). Mathematics Enculturations: A Cultural Perspective on Mathematics Education. D. Reidel Publishing Company.
Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.202
Ekwandani, T. N. (2021). Kajian Etnomatematika Terhadap Rumah Tradisional Lampung Masyarakat Pepadun dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Matematika Topik Geometri.
Jang Lebong. (2019). Rumah Adat Bengkulu di TMII Ada Harimau Reflika-Info Lengkap. https://youtu.be/7gRBCDz_plw
Khalida, E. (2020). Rumah ada Bubungan Lima, Bengkulu. Pewarta Nusantara. https://www.pewartanusantara.com/1515-2/
Puspadewi, K. R., & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika di Balik Kerajinan Anyaman Bali. Jurnal Matematika, 4(2), 80–89.
Rahmawati Z, Y. R., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942
Rudhito, M. A. (2020). Filsafat Pendidikan Matematika Abad ke-21. 125.
Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 111–118.