Pembelajaran Berbasis Sosial-Humanistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Main Article Content

Zainnur Wijayanto
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Abstrak


Pembelajaran berbasis sosial-humanistik merupakan jembatan penghubung antara psikologis kognitif pembelajaran dengan matematika. Pembelajaran berbasis sosial-humanistik memberikan kesempatan pada peserta didik untuk berani, bebas, tidak terikat dengan pendapat orang lain dan mengelola diri sendiri secara bertanggung jawab tanpa mengurangi hak orang lain atau melanggar norma, aturan, etika atau disiplin yang berlaku serta guru berperan sebagai fasilitator. Dengan bebasnya siswa dalam mengembangkan potensinya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran sosial-humanistik lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
Wijayanto, Z., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Pembelajaran Berbasis Sosial-Humanistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 55-59. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54341
Section
Articles

References

Ärlebäck, J. B., & Doerr, H. M. (2017). Students’ interpretations and reasoning about phenomena with negative rates of change throughout a model development sequence. ZDM - Mathematics Education, 50(1–2), 187–200.
Baharudin & Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ruzz Media
Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. Pedagogik, 3(2), 96–107.
Brown, S. 1996. Toward Humanistic Mathematics Education. International Handbook of Mathematics Education: Kluwer Academic Publisher
Darminto, B. (2014). Penerapan Teori Maslow Pada Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Pendidikan, 23 (1).
Glenda. 2009. Effective Pedagogy in Mathematics. Geneva: IBE publication unit.
Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis Dengan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity Journal, 1(1), 90.
Hilmi. (2012). Pendekatan Humanistik dalam Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6 (2).
Lestari, L.A.S., Sumantri & Suartama. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Bandura Terhadap Kinerja Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2 (1).
Prasetyowati, D. (2013). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Humanistik dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Cd Interaktif Materi Segi Empat Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2).
Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2).
Rista, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa Melalui Pembelajaran Humanistik Berbasis PMR. 03(02), 539–546.
Rista, L., Eviyanti, C. Y., & Andriani, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Esteem Siswa Melalui Pembelajaran Humanistik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1153-1163.
Wardani, S., & Purnomo, Sapon Suryo Wahyuningsih, E. (2010). Pembelajaran Kemampuan Penyelesaian masalah Matematika Di SD. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.