Desain LKPD Elektronik Berbasis Model PBL Berkonteks Budaya Melayu Materi Perbandingan untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Main Article Content

Fadilah Gustin Khainingsih
Elfis Suanto
Nahor Murani Hutapea

Abstract

Abstrak


Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21. Tuntutan tersebut dapat dipenuhi dengan guru memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan guru adalah Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (LKPD Elektronik) berbasis model Problem Based Learning (PBL) berkonteks budaya Melayu. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain LKPD Elektronik yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik serta dapat digunakan dalam pembelajaran daring maupun luring. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluated) sampai tahap design. Pada tahap analyze diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik masih rendah sehingga dibutuhkan LKPD Elektronik yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis. Langkah-langkah model PBL yang terdiri dari lima fase dikombinasikan pada proses berpikir kritis matematis yang terdiri dari interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi yang nantinya menghasilkan suatu langkah atau proses pada LKPD Elektronik. LKPD Elektronik memuat permasalahan berkonteks budaya Melayu berupa kuliner tradisional, peninggalan sejarah, dan kesenian budaya Melayu. Pada tahap Design telah berhasil tercipta desain LKPD Elektronik berbasis model PBL berkonteks Budaya Melayu materi perbandingan yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.

Article Details

How to Cite
Khainingsih, F., Suanto, E., & Hutapea, N. (2022). Desain LKPD Elektronik Berbasis Model PBL Berkonteks Budaya Melayu Materi Perbandingan untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 76-86. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54344
Section
Articles

References

Amiroh. (2020). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline, Pustaka Ananda Srva, Yogyakarta.
Adnan, F. (2017). Menjelajah Kuliner Tradisional Riau. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Ardina, F. R., & Sa’dijah, C. (2016). Analisis Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 171–180.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia. Springer.
Facione, P. A. (2015). Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, 1–30. https://www.researchgate.net/profile/Peter_Facione/publication/251303244_Critical_Thinking_What_It_Is_and_Why_It_Counts/links/5849b49608aed5252bcbe531/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts.pdf
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan, Ar-ruzz Media, Yogyakarta.
Fitriana, D., Yusuf, M., & Susanti, E. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Melihat Berpikir Kritis Siswa Materi Perbandingan. Journal: Jurnal Pendidikan Matematika, 1–17.
Haqsari, R. (2014). Pengembangan dan analisis e-lkpd (elektronik - Lembar kerja peserta didik) berbasis multimedia pada materi mengoperasikan software spreadsheet. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakatra
Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 121–126.
Herdiansyah, K. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis. Jurnal Eksponen, 8(1), 25-33.
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Matematika. Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
P21. (2019). Framework for 21st Century Learning. Partnership for 21st Century Learning. https://www.battelleforkids.org/learning-hub/learning-hub-item/framework-for-21st-century-learning
Payoka, V. 2012. Tenun songket Melayu. (Online). (https://www.antarafoto.com/seni-budaya/v1332918314/tenun-songket-melayu, diakses 6 Oktober 2021)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Puspendik. (2019). Ringkasan Eksekutif Hasil Ujian Nasional 2019 Masukan untuk Pembelajar di Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Riaumagz. 2017. Peta Wisata Kabupaten Siak. (Online). (https://www.riaumagz.com/2017/05/peta-wisata-kabupaten-siak-tourism-map.html, diakses 6 Oktober 2021)
Suriani. (2012). Efektivitas Usaha Tenun Songket Melayu Riau Dilihat Dari Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau.
Tjahjono, F. (2017). Cinta Budaya Bangsa. Relasi Inti Media.