Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Discovery Learning Materi Segiempat dan Segitiga Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis

Main Article Content

Marni Swasti
Nahor Murani Hutapea
Elfis Suanto

Abstract

Abstrak


 


Kemampuan pemahaman matematis (KPM) merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika dalam kurikulum 2013. KPM siswa di Indonesia masih rendah khususnya pada materi segiempat dan segitiga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memfasilitasi KPM siswa yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif dibuat dalam bentuk powerpoint dengan model discovery learning (DL). Penelitian ini bertujuan mendesain media pembelajaran interaktif berbasis model DL pada materi segiempat dan segitiga yang dapat digunakan secara daring ataupun tatap muka untuk memfasilitasi KPM. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) sampai tahap design. Hasil analisis yang diperoleh dari studi literatur, observasi lapangan dan wawancara adalah dibutuhkannya desain produk media pembelajaran interaktif materi segiempat dan segitiga yang menggambarkan tentang kegiatan pembelajaran bersintak DL. Desain media pembelajaran interaktif terdiri dari fitur home, petunjuk dan menu utama. Home merupakan halaman depan media yang memuat judul materi dan kelas. Petunjuk berisi panduan penggunaan media pembelajaran interaktif. Menu utama memuat KD dan IPK, tujuan pembelajaran, pengantar, materi, contoh soal dan soal evaluasi.

Article Details

How to Cite
Swasti, M., Hutapea, N., & Suanto, E. (2022). Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Discovery Learning Materi Segiempat dan Segitiga Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 87-97. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54345
Section
Articles

References

Apriani, N. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif PowerPoint dalam Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Statistika. Tesis. Universitas Lampung.
Ayop, S. K (2020. The Developmet of an Integrated-STEM Water Rocket Module: SEMARAK for Malaysian Secondary School Pupils. Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 11, No. 1, Maret 2020, 18-34) Universitas Tun Hussein Onn Malaysia.
Ashanti, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa, MUST:Journal of Mathematics Education, Science and Technology. (Vol. 2, No. 2, 221-230)
Hosnan, M. 2014. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Hendriana, H., Rohaeti, E.E, .,Sumarmo, U 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika, JIPMAT (Vol. 2, No. 1, 43-54). Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Moreno, L. (2018). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMP 25 Pekanbaru, Jurnal Pendidikan Tambusai. (Vol. 2, No. 6, 1401-1428)
Nafisa, D., & Wardono, W. (2019). Model Pemblajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2019 Universitas Semarang (Vol. 2, 854-861).Semarang.
Oktarika, D., & Dharmayanti, W. (2018). Analisis Kesiapan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Trigger Pada Mgmp IPA Kabupaten Bengkayang. Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM), (Vol. 4, No. 2, 86–95).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrsah Tsanawiyah
Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.( Vol 4, No. 1, Juni 2019). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan dan Penelitian dan Pengembangan Kementerian dan Kebudayaan
Pusmenjar Kemendikbud. 2019. Laporan Hasil UN. (Online). (https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/ diakses 01 Oktober 2021).
Putri, N. R. (2018). Analaisis Kemampuan pemahaman matematik Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI. (Vol.1, No. 02, Maret 2018, 157-170). IKIP Siliwangi.
Rafianti, I. (2018), Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Tutorial dalam Pembelajaran Matematika Siswa JPMM. (Vol. 11, No. 2). Pendidikan Matematika FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Rochmawati, H. (2017). Pengaruh Media Powerpoint dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar matematika Bangun Datar Kelas VII SMPN 1 kalidawir Tulungagung. (Skripsi).
Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Rajawali Perss. Bandung.
Sumarmo, U. 2003. Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah Pada Pelatihan Guru Matematika, Jurusan Matematika ITB Bandung.
Suryani, N. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Surakarta: Rosda..
Sutrisno, J. (2014). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Alat Peraga Persegi Pythagoras terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Artikel Penelitian. Purwokerto:UM Purwokerto
Wulandari, A. D. (2014). Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Student Teams Achievent Division Dan Team Assisted Individualization Pada Materi Linier. Jurnal Cendekia. (12(1), 155–173).