Pengaruh Aliran Filsafat Rasionalisme Terhadap Matematika: Pemikiran Imanuel Kant

Main Article Content

Danuri Danuri
M. Taufik Qurohman
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aliran filsafat rasionalisme terhadap matematika menurut pemikiran Imanuel Kant. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka, secara terminologi penelitian studi pustaka adalah penelitian dengan cara mengkaji literatur baik itu dalam bentuk buku, dan jurnal dan tulisan-tulisan yang mendukung. Hasil penelitian aliran filsafat yang berkontribusi terhadap perkembangan filsafat matematika yang berkembang mengkaji tentang bagaimana timbulnya, prosedur dan apa yang disebut kebenaran itu yakni aliran rasionalisme. Kant menyatakan metode untuk memperoleh kebenaran matematika adalah memperlakukan matematika sebagai pengetahuan a priori. Secara spesifik, validitas obyektif dari pengetahuan matematika diperoleh melalui bentuk a priori yang memungkinkan diperolehnya pengalaman inderawi. Matematika pada dua abad terakhir memberikan tantangan yang cukup signifikan terhadap pandangan Immanuel Kant. Kant berpendapat bahwa matematika adalah hasil penalaran yang murni, dan sepenuhnya adalah merupakan sintesa.

Article Details

How to Cite
Danuri, D., Qurohman, M., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Pengaruh Aliran Filsafat Rasionalisme Terhadap Matematika: Pemikiran Imanuel Kant. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 145-149. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54352
Section
Articles

References

Azhar Muhammad. 1996.Filsafat Politik: Perbandingan antara Islam da Barat, cet. I Jakarta: Raja Grafindo Persada,.
AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam dan Budaya P3M - STAI SUFYAN TSAURI MAJENANG Vol. 1. No. 2 Juli 2021.
Kartasasmita, Bana G dan Wahyudin, 2009. Modul Sejarah dan Filsafat Matematika. SPS UPI
Mustansyir, Rizal dan Munir, Misnal. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Madjid, Nurcholis. 1995. Islam Agama Peradaban. Jakarta: Paramadina
Moh Dahlan. Ilmu Ushuluddin, Januari 2009, hlm. 37-48 Vol.8, No.1 ISSN 1412-5188 PEMIKIRAN FILSAFAT MORAL IMMANUEL KANT (Deontologi, Imperatif Kategoris dan Postulat Rasio Praktis)
Lailiy Muthmainnah, Jurnal Filsafat, ISSN: 0853-1870 (p); 2528-6811(e) Vol. 28, No. 1 (2018), p. 74-91, doi: 10.22146/jf.31549 TINJAUAN KRITIS TERHADAP EPISTEMOLOGI IMMANUEL KANT (1724-1804).
Marsigit. PERAN INTUISI DALAM MATEMATIKA MENURUT IMMANUEL KANT Fakultas Matematika dan Ilmu Pengethuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
Palmquist, S.P., 2004, “Kant On Euclid: Geometry In Perspective” Retreived 2004.
Suryajaya, Martin. 2012. Materialisme Dialektis. Yogyakarta: Resist Book.
Sony Keraf dan Mikhael. Dua, Ilmu Pengetahuan; Sebuah Tinjauan Filosofis
Tedy Machmud. Rasionalisme Dan Empirisme Kontribusi dan Dampaknya Pada Perkembangan Filsafat Matematika Fakultas Mipa Universitas Negeri Gorontalo.
Zubair, Ahmad Charris. 1995. Kuliah Etika, Cet. III: Jakarta Raja Grafindo Persada.