Pembatik 2W Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Materi Dimensi Tiga

Main Article Content

Muhammad Jazilun Ni’am

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar materi integral dengan model pembelajaran berbasis TIK menggunakan wingeom dan dan WhatsApp. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan data antar siklus. Tindakan yang diberikan pada penelitian ini menggunakan pembelajaran berbasis TIK menggunakan wingeom dan dan WhatsApp. Penggunaan Wingeom dimaksudkan untuk membantu memvisualisasikan bangun tiga dimensi yang sulit dibayangkan peserta didik dan untuk melatih kemampuan keruangan. Kemampuan keruangan yang terbentuk di peserta didik akan membantu peserta didik menyelesaikan masalah tiga dimensi. WhatsApp digunakan sebagai media diskusi di luar jam pembelajaran mengenai materi yang kurang dikuasai karena Whatssapp sudah banyak digunakan peserta didik, mudah digunakan dan tidak terbatas waktu dan ruang. Hasil penelitian ini adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik selama pembelajaran. Hasil tes ulangan harian juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah peserta didik yang mencapai KKM dari kondisi awal ke tiap siklus. Prestasi belajar peserta didik dari kondisi awal, siklus I, siklus II selalu meningkat dengan hasil akhir peserta didik yang tuntas mencapai 84%. Berdasarkan hal ini maka pembelajaran berbasis TIK menggunakan Wingeom dan dan WhatsApp (pembatik 2W) dapat meningkatkan Prestasi belajar.

Article Details

How to Cite
Ni’am, M. (2022). Pembatik 2W Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Materi Dimensi Tiga. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 1-7. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54537
Section
Articles

References

Alfaruqi, A. I., & Lutfianto, M. (2018). Perbandingan Kemampuan Spasial Siswa SMA Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 1, pp. 13-17).
Gusnindar, G., Netriwati, N., & Putra, F. G. (2018). Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Berbantuan Software Wingeom dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 62-69.
HIDAYAT, M. D. (2018). Pemetaan Penggunaan Media Sosial (Facebook, Instagram, Whatsapp) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Sekecamatan Kaliwungu Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Listianita, N. (2017). Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Improve Berbantuan Program Wingeom pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 1 Gintungan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Pendidikan Matematika (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika-FKIP).
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. In Prosiding Seminar nasional pendidikan matematika etnomatnesia.
Kartikawati, S., & Pratama, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Whatsapp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 33-38.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). 2018. Laporan Hasil UN. (Online). (https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id diakses 20 Juli 2018).
Pratiwi, M., & Septia, T. (2016). Efektivitas Modul Aplikasi Komputer Dengan Program Wingeom Pada Materi Geometri. Jurnal Lemma, 3(1), 97-107.
Puteri, A. A. (2019). Penerapan Permainan Roda Putar Berbantuan Aplikasi Wingeom Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis dan Self Confidence (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Salam, M. (2020). WhatsApp: Kehadiran, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 198-212.
Sugiyarti, S., & Ruslau, M. F. (2019). Meningkatkan Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Fase Belajar Model Van Hiele Menggunakan Media Bangun Ruang Dimensi Tiga. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 065-073.