Kajian Teori: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Pembelajaran Prepospec Berbantuan TIK dengan Nuansa STEAM

Main Article Content

Afni Ika Ifyanti
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik di abad 21. Pemanfaatan teknologi sangat penting didalam kegiatan pembelajaran. Melalui model pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK dengan nuansa STEAM peserta didik diajarkan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Ada beberapa tahapan atau sintaks pada model pembelajaran ini, yaitu yang pertama diawali dengan Prepare atau persiapan, kemudian Problem Solving pada tahap ini peserta didik diberikan sebuah permasalahan dan ditugaskan untuk mencari solusinya, jika solusi sudah ditemukan tahapan selanjutnya yaitu Presentation dan Evalution yaitu mempresentasikan hasilnya kemudian mengevaluasi apa saja solusi yang sudah disampaikan, lalu tahap akhir yaitu Conclusion atau pengambilan kesimpulan dari beberapa tahapan yang sudah dilaksanakan. Pembelajaran ini menerapkan pendekatan STEAM, yang artinya adalah sebuah pendekatan dengan pengintegrasian lima disiplin ilmu, yakni Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics. Metode yang digunakan pada artikel ini adalah studi literatur dengan mengkaji penelitian terdahulu yang relevan dengan masalah yang ditemukan. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran Prepospec berbantuan TIK dengan nuansa STEAM. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan, model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK dengan nuansa STEAM dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Selain itu, dengan penerapan lima disiplin ilmu STEAM dalam pembelajaran akan mendorong peserta didik untuk lebih mengenal teknologi dan siap menghadapi revolusi industri 5.0.

Article Details

How to Cite
Ifyanti, A., & Dewi, N. (2022). Kajian Teori: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Pembelajaran Prepospec Berbantuan TIK dengan Nuansa STEAM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 391-396. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54542
Section
Articles

References

Afriyaningsih, I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik pada Pembelajaran Pendekatan Saintifik Model PBL berbantuan Smart Book ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta didik. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Dewi, N. R. (2020). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Penerbit Lakeisha.
Muktiari, B. R., & Dewi, N. R. (2020) Kajian Teori: Pengembangan Buku Ajar Berorientasi pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang.
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41-50.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Tambychik, T & Meerah, S. (2010). Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they Say? Procedia - Social and Behavioral Sciences. 8. 142-151.