Kajian Etnomatematika pada Struktur Bangunan Rumah Adat Riau Selaso Jatuh Kembar

Main Article Content

Atri Kurnianing Tyas
Amellya Anastasya Ursia
Carolina Omega Putri Usdinoari

Abstract

Matematika dan budaya termasuk hal yang tak bisa dihindari keberadaannya dalam kehidupan sehari-hari. Di antara matematika dan budaya ada suatu penghubung yang disebut etnomatematika. Dalam kebudayaan, rumah adat digunakan sebagai representasi budaya suatu daerah, seperti Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar sebagai representasi daerah Riau. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengkaji dan menganalisis unsur matematika pada Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai unsur-unsur matematika yang terdapat dalam Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Terdapat empat kegiatan utama dalam penelitian ini yaitu (1) mengumpulkan dan mempelajari literatur; (2) mendeskripsikan hasil kajian literatur; (3) mengidentifikasi serta menganalisis enam aspek aktivitas matematika menurut Bishop, dan (4) menguraikan aspek aktivitas matematis menurut Bishop yang khas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan adanya unsur dan konsep matematika pada Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar menurut analisis aktivitas fundamental Bishop. Dalam penelitian lebih lanjut diperoleh bahwa kebanyakan ornamen dan corak hiasan pada rumah adat ini mengandung konsep simetris dalam matematika dan konsep kesebangunan yang terdiri dari bangun persegi, belah ketupat, persegi panjang, dan segitiga; sedangkan untuk motif ukiran selain konsep simetris terdapat juga konsep kesebangunan, dan transformasi geometri dalam matematika serta penerapan bangun datar seperti segitiga dan setengah lingkaran

Article Details

How to Cite
Tyas, A., Ursia, A., & Usdinoari, C. (2022). Kajian Etnomatematika pada Struktur Bangunan Rumah Adat Riau Selaso Jatuh Kembar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 397-405. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54544
Section
Articles

References

Abdullah, M. (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (1st ed.). Aswaja Pressindo.
Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.
Andrini, N. (2021). Mengenal lebih dekat Riau. Indonesia Traveller. https://indonesiatraveler.id/mengenal-lebih-dekat-rumah-adat-riau/
Budaya Nusantara. (2018). Artikel Rumah adat Riau : Rumah Selaso Jatuh Kembar beserta Gambarnya. Budaya Nusantara.
Faisal, F. Al. (2017). Mengenal Rancangan Bangun Rumah Adat Di Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Hasanah, H. (2016). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.
Hasanuddin, H. (2017). Etnomatematika Melayu: Pertautan Antara Matematika Dan Budaya Pada Masyarakat Melayu Riau. Sosial Budaya, 14(2), 136. https://doi.org/10.24014/sb.v14i2.4429
Kemendikbud. (2017). Rumah Adat Nusantara (Badan Peng, Issue November 2018).
Koentjaraningrat. (1985). Pengantar Ilmu Antropologi. Aksara Baru.
Kompas.com. (2021). Rumah Salaso jatuh Kembar, Rumah Adat Khas Provinsi Riau. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/14/160000669/rumah-salaso-jatuh-kembar-rumah-adat-khas-provinsi-riau
Mawardi, R. (2019). PENELITIAN KUALITATIF: PENDEKETAN ETNOGRAFI. Https://Dosen.Perbanas.Id/.
Ningrum, I. W. (2015). Bentuk Dan Makna Satuan Lingual Nama-Nama Motif Seni Ukir Jepara. Universita Negeri Semarang.
Nuh, Z. M., & D. (2016). Etnomatematika dalam Sistem Pembilangan pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan,. 19(2), 220–238.
Pur. (2021). Rumah Adat Riau [Online]. Fredomsiana.
Ramadissa, B. marangga, Saladin, A., & Rahma, N. (2017). Elemen Arsitektural Atap Pada Rumah Tradisional Melayu Riau Roof Architectural Element of the Riau Malay Tradisional House. Seminar Nasional Cendekiawan K, 3, 45–49.
Redaksi PI. (2020). Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar. Pariwisata Indonesia.
Rosita, S. M. (2019). Etnomatematika PADA RUMAH ADAT OSING BANYUWANGI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. In FKIP Universitas Jember (Issue 1).
Rudhito, M. A. (2020). ETNOMATEMATIKA DAN ASPEK PENDIDIKANNYA. In Filsafat Pendidikan Matematika Abad-21 (pp. 24–79). deepublish.
Sendari, A. A. (2019). Mengenal Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Sebuah Tulisan Ilmiah. Liputan6.Com.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Soehartono, I. (2002). Metode Penelitian Sosial. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, cv.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian (E. Risanto (Ed.); 1st ed.). ANDI.
Wahyuningsih. (1986). Arsitektur Tradisional Daerah Riau. In Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Wahyuningsih, & Abu, R. (Eds.). (1986). Arsitektur Tradisional Rumah Daerah Riau. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Zaini, M. (2017). Mengenal Rumah Melayu Riau (M. Jaruki (Ed.)). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.