Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Main Article Content

Muhammad Fakhri Nuha
Endang Retno Winarti
Mastur Mastur

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika berdasarkan Kurikulum 2013 dan paradigma pembelajaran abad 21. Namun dikarenakan pandemi Covid-19, pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Akibatnya banyak siswa yang mengaku bosan dan kelelahan dalam mengikuti pelajaran, sehingga diperlukan variasi mengajar berupa variasi alat bantu dan variasi model belajar. Tujuan dari penelitian ini antara lain mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan produk multimedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket, dan wawancara. Dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Taman tahun pelajaran 2020/2021. Dengan cara random sampling terpilih kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol.
Produk pengembangan multimedia pada materi statistika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada penelitian ini adalah berupa lembar kerja siswa berbantuan video pembelajaran berbentuk drama yang dihubungkan dengan menggunakan QR-Code dan alamat web yang dapat digunakan pada pembelajaran daring maupun luring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan pembelajaran problem based learning menggunakan produk pengembangan multimedia mencapai ketuntasan klasikal. Dengan menggunakan uji beda dua rata-rata dan uji beda dua proporsi diperoleh pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan multimedia lebih baik daripada pembelajaran Problem Based Learning tanpa menggunakan multimedia pada materi statistika. Sebagian besar siswa memberikan respon dan tanggapan positif mengenai pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan multimedia.

Article Details

How to Cite
Nuha, M., Winarti, E., & Mastur, M. (2022). Pembelajaran Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 461-466. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54565
Section
Articles

References

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. JMSK: Jurnal Matematika, Statistika, Komputasi, 64-74.
Batul, R. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Kelas X Bisnis Daring Dan Pemasaran Smk Negeri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3).
Fadli, M. S., & Ikawati, H. D. (2017). Penggunaan Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 35-43.
Faizah, H., E. P. Astutik. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Program Linier. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 103-110.
Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan sets untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681-689.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terjemahan oleh Hadinata, B. Jakarta:Penerbit Erlangga.
Jacob, S. M ; Sam, H. K. (2008). Measuring Critical Thinking In Problem Solving Through Online Discussion Forums In First Year. Proceeding of the international MultiConference OF Engineer and Computer Scientists 2008 Vol I. University Mathematics. International MultyConference of Engineers and Computer Scientists. ISBN 978-988- 98671- 8-8. Vol 1. [online]. Tersedia: www.iaeng.org/publication/IMECS2008/ IMECS2008_pp816-821.pdf.
Nafisa, D., Wardono. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Orton, Anthony. (2004). Learning Mathematics Issue, Theory, and Classrom Practice 3rd Edition. New York :Continuum.
Rifa’i Rc, A., & Anni, C. T. (2011). Psikologi pendidikan.
Rifa’i, A., C.T. Anni. (2015). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 UNNES.
Siregar, N. A. R., Deniyanti, P., & El Hakim, L. (2018). Pengaruh model pembelajaran core terhadap kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung:Penerbit Tarsito.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukestiyarno, YL. MS(2016). Olah Data Penelitian Berbantu SPSS. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Sukestiyarno, YL. MS(2016). Olah Data Penelitian Pendidikan Berbantuan SPSS. Semarang : Universitas Negeri Semarang
Suryana, S. (2017). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 2(1).
Watson, G., & Glaser, E. M. (1980). Critical thinking appraisal: Manual. Psychological Corporation, New York.