Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Model Problem-Based Learning Berbantuan Bahan Ajar dengan Pendekatan STEM

Main Article Content

Risma Andini
Endang Retno Winarti
Mintarsih Mintarsih

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan untuk pendidikan pada abad ke-21. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dapat mencapai hasil yang maksimal, guru dituntut untuk memfasilitasi siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika salah satunya  bahan ajar dengan pendekatan STEM. STEM adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan bidang-bidang pada STEM yaitu science, technology, engineering, dan mathematics di kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar dengan pendekatan STEM yang digunakan dan mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan model problem-based learning berbantuan bahan ajar dengan pendekatan STEM. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis berbentuk uraian dan wawancara untuk mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Populasi pada penelitian yang dilakukan adalah siswa kelas VIII di salah satu sekolah menengah pertama Kabupaten Semarang. Subjek penelitian dipilih dengan teknik random sampling dan terpilih kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model problem-based learning berbantuan bahan ajar dengan pendekatan STEM mencapai ketuntasan klasikal. Dengan uji beda dua rata-rata dan uji beda dua proporsi dihasilkan pembelajaran model problem-based learning berbantuan bahan ajar dengan pendekatan STEM lebih baik (berpengaruh positif) dari pembelajaran model problem-based learning tanpa menggunakan bahan ajar dengan pendekatan STEM. Sebagian besar siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran problem-based learning berbantuan model  bahan ajar dengan pendekatan STEM

Article Details

How to Cite
Andini, R., Winarti, E., & Mintarsih, M. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Model Problem-Based Learning Berbantuan Bahan Ajar dengan Pendekatan STEM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 467-474. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54566
Section
Articles

References

Hasanah, H. (2020). Pengembangan Bahan ajar matematika STEM Pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91–100. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.582
Henita, Mashuri, & Margana. (2019). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd. Prisma, Prosiding Seminar Nasioanl Matematika, 2, 79–83. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p33-41
Niswah, A. F., & Agoestanto, A. (2021). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Menggunakan Quantum Teaching pada Siswa SMP. PRISMA Prtosiding Seminar Nasional Matematika. 49-58
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem-Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751.
Lestari, & Roesdiana. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Pythagoras. MAJU (Jurnal Ilmiah Pendidikan), 8(1), 82–90. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p559-568
Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning Dengan Pendekatan Stem. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10–14.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ( LKPD ) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL ( HOTS ) Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Pendidikan matematika di era revolusi industri 4 . 0 diarahkan untuk pengembangan . 9(4), 894–908.
Putri, D.C., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM DI ERA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. 4(2), 193-204
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018a). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.353
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018b). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 166. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.353
Zulaiha, F., & Kusuma, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis STEM untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 246. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2182