META ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI BERBASIS VAN HIELE DITINJAU DARI SELF EFFICACY

Main Article Content

Adiba Idlal Shidqiya
Amin Suyitno

Abstract

Matematika termasuk mata pelajaran yang dihindari siswa sehingga kemampuan berpikir matematis siswa rendah dan perlu ditingkatkan kualitasnya. Salah satu kemampuan berpikir matematis yaitu kemampuan berpikir geometri yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir matematis siswa. Tetapi hasil belajar siswa dalam geometri masih rendah, sehingga memerlukan suatu model untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian meta-analisis menggunakan 4 jurnal internasional yang menekankan pada kemampuan berpikir geometri berbasis teori van Hiele ditinjau dari self efficacy. Jenis penelitian sebelumnya didominasi oleh mix methode. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan berpikir geometri siswa berbasis teori van Hiele level 0 dan level 1 memiliki self efficacy cenderung sedang dan rendah, sedangakan siswa yang memiliki self efficacy tinggi berada pada level 0, level 1, dan level 2.

Article Details

How to Cite
Shidqiya, A., & Suyitno, A. (2022). META ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI BERBASIS VAN HIELE DITINJAU DARI SELF EFFICACY. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 475-482. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54567
Section
Articles

References

Ananta, et al. 2021. Analysis of Van Hiele's Geometry Thinking Ability in the 5E Learning Cycle Model with Ethnomatematics Nuances in terms of Student Self efficacy. Unnes Journal of Mathematic Education research, 11(2), 200-205
Asna, A. N., Soedjoko, E., & Mariani, S. 2021. Description of Van Hiele’s geometry thinking ability in solving open ended problems in the 7E-Learning Cycle in terms of self efficacy. Unnes Journal of Mathematic Education research, 10(1), 20-26
Bandura, A. 2012. On the Functional Properties of Perceived Self-Efficacy Revisited. Journal of Management, 38(1), 9-44
Haviger, J & Vojkůvková, I. 2015. The van Hiele Levels at Czech Secondary Schools. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 171, 912 – 918
Herman, Fahinu, & Makkulau. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Van Hiele dan Pembelajaran Scientific terhadap Kemampuan Penalaran Geometris Berdasarkan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 1(1), 41-50
Khoiri, M. 2014. Pemahaman Siswa Pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 1(1), 262-267
Lunenburg, F. C. 2011. Self-Efficacy in the Workplace: Implications for Motivation and Performance. International Journal of Management, Business, and Administration, 14(1), 1-6
Misri, A. M. & Zhumni A. I. 2013. Pengaruh Tingkat Berpikir Geometri (Teori Van Hiele) Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa dalam Mengerjakan Soal pada Materi Garis dan Sudut. Eduma : Mathematics education Learning and Teaching, Volume 2
Nur, A. S. & Nurvitasari E. 2017. Geometry Skill Analysis In Problem Solving Reviewed From The Difference Of Cognitive Style Students Junior High School. Journal of Educational Science and Technology, 3(3), 205-210
Ramlan, A. M. 2016. The Effect of Van Hiele Learning Model Toward Geometric Reasoning Ability Based on Self Efficacy of Senior High School. Journal of Mathematic education, 1(2),63-72
Rustika, I. M. 2012. Self Efficacy: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 20(1-2),18-25
Sandy, et al. 2019. The Analysis of Students’ Mathematical Reasoning Ability in Completing Mathematical problems on Geometry. Mathematics Education Journals, 3(1),72-79
Vojkuvkova, I. 2012. The van Hiele Model of Geometric Thinking. WDS'12 Proceedings of Contributed Papers, 1,72–75
Wardhani, I. S. 2019. Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis) Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, 3(1), 124-129
Widyaningsih, et al. 2020. Problem Solving Ability and Self Efficacy Base on geometry Thinking Level in Van Hiele Learning. Unnes Journal of Mathematic Education research, 9(2), 156-169