Eksplorasi Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Dulohupa Gorontalo

Main Article Content

Agnes Deviana Herawati
Kurnia Alfa Alvionita
Trifonia Abdimulia Syukur

Abstract

Pendidikan dan kebudayaan adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai jembatan penghubung antara budaya dan pendidikan hadirlah etnomatematika dalam kaitan pembelajaran matematika. Disadari atau tidak disadari segala bentuk aktivitas dalam masyarakat telah menggunakan konsep dasar matematika dan ide-ide matematis. Penelitian ini bertujuan untuk membahas 1) Makna filosofi rancangan rumah adat Dulohupa; 2) Mendeskripsikan rancang bangun rumah adat Dulohupa ditinjau dari aktivitas etnomatematika; 3) Konsep geometri dari rancangan bangun rumah adat Dulohupa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat makna filosofis yang terkandung pada konstruksi rumah adat Dulohupa yang merupakan rumah panggung, makna filosofis pada bagian atap rumah adat ini berbentuk pelana, makna filosofis yang terdapat pada tange lo bu’ulu, dan makna sikap masyarakat Gorontalo yang terwujud dalam arsitektur vernakular Gorontalo. Aktivitas etnomatematika pada rancang bangun rumah adat Dulohupa meliputi aktivitas counting (menghitung/membilang), measuring (mengukur), location (menempatkan), designing (mendesain), playing (bermain), dan explaining (menjelaskan).  Konsep geometris yang terdapat pada rancang bangun rumah adat Dulohupa yaitu konsep garis, konsep bangun datar, dan konsep bangun ruang sisi datar.

Article Details

How to Cite
Herawati, A., Alvionita, K., & Syukur, T. (2022). Eksplorasi Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Dulohupa Gorontalo. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 335-345. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54616
Section
Articles

References

Adiatmono, F. (2001). Identitas Ornamen Rumah Tradisional. 30–49.
Djafar, A. G. (2015). Tinjauan Ekologis Bangunan Tradisional Gorontalo : Dulohupa Dan Bantayo Pobo ’ ide.
Embun. (2012). Metode Studi Literatur. http://eprints.umpo.ac.id/6762/5/BAB III.pdf
Fisik, K., Dan, D., & Pobo, B. (2015). RUMAH ADAT GORONTALO. 7–11.
Heryati. (n.d.). Nilai-nilai Sejarah dan Filosofi Pada Arsitektur Rumah Panggung Masyarakat Gorontalo Heryati Staf Pengajar Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo A . Pendahuluan Menurut sejarahnya Gorontalo pada mulanya adalah sebuah wilayah yang berbentuk kerajaan. 1–18.
Heryati, H., & Nico Abdul, N. (2014). KEARIFAN LOKAL PADA ARSITEKTUR VERNAKULAR GORONTALO: Tinjauan Pada Aspek Budaya dan Nilai-nilai Islam. El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 16(2), 151. https://doi.org/10.18860/el.v16i2.2774
Https://ajuswiranata.wordpress.com/2015/05/09/arsitektur-rumah-tradisional-indonesia/. (n.d.). ARSITEKTUR RUMAH TRADISIONAL INDONESIA.
Mar, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Manunis Ka’Umnais Suku Uim Bibuika Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka. JURNAL MathEdu (Mathematic …, 4(2), 155–162. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2446
Riskal, A., Andi, I. R., Informatika, J. T., Sains, F., & Teknologi, D. A. N. (2017). RANCANG BANGUN APLIKASI 3D ( TIGA DIMENSI ) RUMAH ADAT SE-INDONESIA BERBASIS MOBILE.
Rudhito, M. A. (2020). ETNOMATEMATIKA : Kajian dan Aspek Pendidikannya. November.
Trumansyahjaya, K., & Tatura, L. S. (2018). Studi Proses Tradisi Membangun Rumah Tinggal Gorontalo Terhadap Kebudayaan Gorontalo. 16(30), 84–93.
Udilawaty, S. (2018). Custom House Visual Study of Gorontalo City. 225(Icobest), 352–355.
Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 111–118.