Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning Bernuansa Model Pjbl-Etnomatematika Pada Materi Teorema Pythagoras Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Main Article Content

Ridho Aji Wardana
Amidi Amidi

Abstract

Matematika adalah salah satu ilmu yang diajarkan pada setiap jenjang suatu pendidikan, setiap orang berharap supaya dapat memberikan sumbangan dalam mempunyai struktur, keterkaitan antar konsep yang jelas dan kuat. Teorema Pythagoras yaitu materi dasar atau utama yang konsepnya dalam pembelajaran matematika terutama didalam pokok bahasan geometri sering diterapkan maka perlu bagi seorang guru mengemas pembelajaran melalui model PjBL secara Outdoor Learning sehingga siswa tidak hanya mempelajari rumusnya saja melainkan siswa juga mempelajari dan melakukan usaha menemukan sendiri konsep materi Pythagoras serta mendeskripsikan konteks nyata matematika dalam keseharian di lingkungan sekitar yang didalamnya juga diterapkan konsep Pythagoras. Siswa akan menyelesaikan konteks nyata matematika dengan membutuhkan kemampuan komunikasi matematis. Bahan ajar matematika bernuansa enomatematika memiliki ciri khas yang berbeda dengan bahan ajar matematika pada umumnya. Bahan ajar akan terdiri dari aktivitas mengukur dan bermain sehingga siswa akan dibantu dalam memahami suatu pokok bahasan yang diajarkan. Tujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar berbasis Outdoor Learning bernuansa Etnomatematika dengan model PjBL pada materi teorema Pythagoras. Pengembangan  bahan ajar menggunakan metode 4D dalam R&D.

Article Details

How to Cite
Wardana, R., & Amidi, A. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning Bernuansa Model Pjbl-Etnomatematika Pada Materi Teorema Pythagoras Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 565-575. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54689
Section
Articles

References

Arifani, H., Cahyono, A. N., & Wardono, W. (2019). Mathematics Literacy Skill Based On Self-Directed Learning On Meaningful Instructional Design Based Outdoor Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(1), 26–31. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/34281%0Ahttp://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa The Influence Of Outdoor Learning On The Mathematical Critical Thinking Skills Of Students. Junal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms Jurnal
Fajriah, N., & Nor, J. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas Viii Smp Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 202–208. https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4648
HAVIZ, M. (2016). Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib, 16(1). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Kumalaretna, W. N. D., & Mulyono. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195–205. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Kusjuriansah, & Yulianto, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis I-SETS Terkomplementasi Karakter Pada Materi Hukum Gravitasi Newton. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 120–132. https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33314
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue January). CV IRDH.
Oktaviani, C., Slamet, S. Y., & Hartono, H. (2018). Outdoor Learning Model To Develp Creative Thinking Ability in Writing Poetry. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 144–150. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23578
Puloo, M. M. L., Abdullah, A. W., & Machmud, T. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN PROBLEM-CENTERED LEARNING PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 16–22. https://doi.org/https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10362
Sofnidar, Kamid, & Anwar, K. (2017). Desain Sintak Model Outdoor Learning Berbasis Modelling Mathematics. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 7(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4211
Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widada, W., Herawaty, D., Anggoro, A. F. D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research (Vol. 295, Issue ICETeP 2018, pp. 13–16). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.4
Wijayanti, A., & Munandar, A. (2017). THE OPTIMIZATION OF SCIENTIFIC APPROACH THROUGH OUTDOOR LEARNING WITH SCHOOL YARD BASIS. Unnes Science Education Journal, 6(1), 1465–1471. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Yuniarti, Y. (2016). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 109–114. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575