Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Main Article Content

Nuriati Nuriati
Amidi Amidi

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi standar utama dalam proses berfikir menurut NCTM. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Pada materi matematika seperti aljabar, diperlukan kemampuan yang baik untuk memahami masalah dan menentukan strategi dalam pemecahan masalah. Hal tersebut dapat ditingkatkan dengan inovasi strategi pembelajaran berbasis outdoor learning. Pembelajaran yang dilakukan di luar ruangan dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda, karena peserta didik berinteraksi secara langsung dengan lingkungan. Sedangkan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dapat menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan model Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran berbasis masalah yang dikaitkan dengan permasalahan pada kehidupan sehari-hari akan mendorong peserta didik untuk lebih memahami masalah dengan mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis outdoor learning dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil kajian teori yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan adanya pengembangan bahan ajar berbasis outdoor learning dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Sementara itu, untuk proses pengembangan bahan ajar dapat dikembangkan melalui penelitian selanjutnya.

Article Details

How to Cite
Nuriati, N., & Amidi, A. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 576-583. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54692
Section
Articles

References

Abdur Rahma As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron, Ibnu Taufiq.(2017).Buku Guru Matematika Kelas VIII SMP/MTs Edisi Revisi.Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed). New York: Mc Grow-Hill Companies.
Inc.
Asmara, A. S., Waluya, S. B., & Rochmad. (2017). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelas X berdasarkan kemampuan matematika. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 135–142.
Asmara, M. (2019). Mathematical literacy ability on project based learning model with RME approach assisted by schoology. Unnes Journal of Mathematics …, 8(2), 81–88. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i2.31410
Asmara, W. (2019). Penggunaan Bahan Ajar Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 90–95. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7535
Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL Dan IBL Ditinjau Dari Prestasi
Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset
Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603
Haji, S., Abdullah, M. I., Maizora, S., & Yumiati, Y. (2017). Developing Students’ Ability of Mathematical Connection Through Using Outdoor Mathematics Learning. Infinity Journal, 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.234
Himmah H.A. Nurfi Rif'atu., Kurniasarai, Ika. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Model PISA Berdasarkan Kemampuan Matematika Peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(5).
Indicators, O. (2016). Education at a Glance 2016 (Summary in Italian). https://doi.org/10.1787/8d06afc6-it
Inel, D., & Balım, A. G. (2013). Concept Cartoons Assisted Problem based Learning Method in Science and Technology Teaching and Students’ Views. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 376–380. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.206
Isriani, W. P., Musdi, E., Arnawa, I. M., & Asmar, A. (2021). Problem based learning and mathematical problems solving skills of junior high school students: A preliminary research. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012046
NCTM. (2000). Principles and standards for school Mathematics. RestonVA: NCTM.
Ningrum, Y., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2019). Analysis problem solving about contextual problem of algebraic in junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012102
Norliyana. (2019) Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Kertak Hanyar Pada Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
OECD. (2016). PISA 2015 Assesment and Analytical Framework: Science, Reading, Mtahematic and Financial Literacy. PISA, OECD Publishing: Paris. http://dx.doi.org/10.1787/9789264255425-en.
Olayinka, A.-R. B. (2016). Effects of Instructional Materials on Secondary Schools Students’ Academic Achievement in Social Studies in Ekiti State, Nigeria. World Journal of Education, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.5430/wje.v6n1p32
Pandu, Y. K., & Prabaningrum, C. P. (2020). Analysing the problem-solving ability through the Problem-Based Learning model on the subject statistics in the grade VIIIB of Kanisius junior high school Kalasan. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012058
Polya, G. 1957. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (2ndedition). New York: Princenton University Press.
Rachmawati, T., & Daryanto. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.
Sjoblom, P., & Svens, M. (2019). Learning in the Finnish outdoor classroom: Pupils’ views. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 19(4), 301–314. https://doi.org/10.1080/14729679.2018.1531042
Soeyono, Yandri. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended
untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2),
Sulastri, F., Runisah, R., & Ismunandar, D. (2021). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 113. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1278
Taqwan, B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7524
Yuberti.(2014).Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan.Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja Publishing