Telaah Pengintegrasian STEAM pada Model Problem Based Learning Terhadap Adversity Quotient Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Salsabilla Naura Sari
Dita Nurdianti
Bagus Surya Maulana

Abstract

Model Problem Based On STEAM Learning (PBL-STEAM) merupakan pengintegrasian pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada model Problem Based Learning (PBL). Artikel ini bertujuan untuk menelaah pengaruh model PBL-STEAM terhadap Adversity Quotient siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahapan antara lain organize, synthesize, dan identify. Data yang dianalisis merupakan data sekunder dengan kata kunci pencarian sesuai tujuan penelitian. Hasil dari penelitian adalah terbentuknya langkah-langkah pembelajaran model PBL-STEAM berdasarkan beberapa literatur yang telah dianalisis dan keterkaitan model PBL-STEAM terhadap Adversity Quotient siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh bahwa model PBL-STEAM berpengaruh dalam meningkatkan Adversity Quotient siswa. PBL-STEAM memberikan rangkaian aktivitas pemecahan masalah dalam konteks dunia nyata yang dipadukan dengan sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika sehingga siswa akan terbantu dalam melakukan proses berpikir yang lebih kreatif untuk menghadapi setiap tantangan. Dengan PBL-STEAM, siswa juga mendapatkan pengalaman belajar yang menarik, meluas, dan bermakna. Saran yang diajukan dari penelitian ini yaitu diperlukan adanya pengembangan instrumen dan media pembelajaran terintegrasi model PBL-STEAM serta penelitian lebih lanjut terkait implementasi model PBL-STEAM pada pembelajaran matematika dengan memperhatikan indikator Adversity Quotient dalam setiap aktivitas pembelajarannya.

Article Details

How to Cite
Sari, S., Nurdianti, D., & Maulana, B. (2022). Telaah Pengintegrasian STEAM pada Model Problem Based Learning Terhadap Adversity Quotient Siswa dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 598-605. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54696
Section
Articles

References

Afri, Lisa Dwi. 2018/ Hubungan Adversity Quotient dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Axiom : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(2) : 47-53.
Aristantia, G. 2017. Penerapan science technology engineering art mathematics pada tema air dan kita untuk meningkatkan penguasaan konsep dan mengetahui profil karakter peserta didik SMP. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia
Budiyono, A., Hotimatul H., & Arin W. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pbl Terintegrasi Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa. EDUSAINS, 12(2), 2020, 166-176
Buinicontro, J. K. (2018). Gathering STE(A)M: Policy, Curricular, And Programmatic Developments In Arts-Based Science, Technology, Engeneering, And Mathematics Education Introduction To Special Issue Of Art Education Policy Review: STEAM Focus. Art Education Policy Review Journal. Volume 119, 2018 - Issue 2.
Farida, W. 2018. Hubungan optimisme dengan adversity quotient pada mahasiswa fakultas siskologi uin suska riau yang sedang mengerjakan skripsi. Disertasi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (1):551-561.
Fitri, R. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batiputih. Jurnal Pendidikan Matematika UNP, 3 (1).
Hosnan, M. .2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ma'arif, A., Syaiful, S. dan Hasibuan, M.H.E. 2020. Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient siswa. Jurnal Didaktik Matematika. 7 (1):32-44.
Niam, M., & Asikin, M. (2021). Pentingnya Aspek STEM dalam Bahan Ajar terhadap Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 329-335.
Nurhikmayati , Iik. 2019. Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1 (2): 41-50.
Nurlaeli, Anton N., dan Eti D.W: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa ditinjau dari Adversity Quotient. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4 (2):145-154.
Palennari, M. 2018. Problem ased Learning (PBL) memberdayakan keterampilan berpikir kritis pebelajar pada pembelajaran biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. 5 Mei 2018, Makassar, Indonesia. 587-592.
Sari, N.D. dan Setiawan, J. 2020. Papan gekola sebagai media pembelajaran matematika yang inovatif dengan pendekatan STEAM. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam. 3 (1):31-41.
Sari, S.M., Johar, R. dan Hajidin, H. 2016. Pengembangan perangkat problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika di SMA. Jurnal Didaktik Matematika. 3 (2):42-53.
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 7(1).
Sunandar, M.A., Zaenuri, Dwidayati, N.K. 2018. “Mathematical Problem Solving Ability of Vocational School Students on Problem Based Learning Model Nuanced Ethnomatematics reviewed from Adversity Quotient”. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1) :1-8.
Wijaya, A. D., Karmila, N., & Mahmudah, R. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) pada Kurikulum Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya, 85–88.
Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Bransford dan Stein ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74.
Yuliari, N.K.R. dan Hanim, W. 2020. Studi literatur pendekatan pembelajaran STEAM menyongsong era society 5.0. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar. 26 Oktober 2020, Jakarta, Indonesia. pp.50-58.
Zainuddin, Z. (2011). Pentingnya Adversity Quotient dalam Meraih Prestasi Belajar. Guru Membangun, 26(2), 218112.