Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran DAPIC Problem-Solving dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

Main Article Content

Yusuf Abdulah
Endang Retno Winarti
Sumaryati Sumaryati

Abstract

Kemampuan berpikir merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir kritis yang rendah berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya inovasi untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba untuk menemukan konsep dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) menguji ketuntasan belajar secara klasikal kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran DAPIC Problem-Solving dengan pendekatan RME, dan (2) menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran DAPIC Problem-Solving dengan pendekatan RME dan pada model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 43 Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis data yang digunakan meliputi uji proporsi dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran DAPIC Problem-Solving dengan pendekatan RME belum mencapai ketuntasan belajar dan (2) kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada model pembelajaran DAPIC Problem-Solving dengan pendekatan RME lebih baik dari pada model pembelajaran Problem Based Learning.

Article Details

How to Cite
Abdulah, Y., Winarti, E., & Sumaryati, S. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran DAPIC Problem-Solving dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 606-611. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54697
Section
Articles

References

Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2568
Aryanta, I. K. D. (2020). Implementasi Aplikasi Ukbm Berorientasi Stem. 1(November), 357–365. https://doi.org/10.5281/zenodo.4283032
Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika adalah Realistic Mathematic Education Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238.
Kemendikbud. (2020). Puspendik. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/
Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 10.
Prihatinia, S., & Zainil, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). 4, 1511–1525.
Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal IKIP Siliwangi, 7(May), 57–62.
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177.
Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students’ mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 307–315. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 545. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311
Utomo, Y. S., & Sarwanto. (2018). PENGARUH KETERAMPILAN KERJASAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KONSEP GAYA PADA PEMBELAJARAN IPA SMP. EDUSAINS, 10(2), 319–326. https://doi.org/10.15408/es.v10i2.9112
Wulandari, I. P. (2020). Critical Thinking Ability in terms of Adversity Quotient on DAPIC Problem Solving Learning. 9(1), 52–59.