Kemampuan koneksi matematis pada pembelajaran model PBL dengan pendekatan STEM

Main Article Content

Meily Nur Fitriani
Endang Retno Winarti
Winda Andriyana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Efektif yang dimaksud adalah kemampuan koneksi matematis kelas PBL dengan pendekatan STEM tuntas belajar secara klasikal serta kemampuan koneksi matematis kelas PBL dengan pendekatan STEM lebih baik daripada kelas PBL. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kersana tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan koneksi matematis. Indikator kemampuan koneksi matematis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, (1) menghubungkan antar topik dalam matematika, (2) menghubungkan dalam satu topik matematika, (3) menghubungkan antara matematika dengan ilmu lainnya, (4) menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan koneksi matematis siswa kelas PBL dengan pendekatan STEM mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, menggunakan uji beda dua rata-rata diperoleh kemampuan koneksi matematis siswa kelas PBL dengan pendekatan STEM lebih dari rata-rata siswa kelas PBL serta menggunakan uji kesamaan dua proporsi diperoleh kemampuan koneksi matematis siswa kelas PBL dengan pendekatan STEM lebih baik dari proporsi siswa kelas PBL. Artinya, model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.

Article Details

How to Cite
Fitriani, M., Winarti, E., & Andriyana, W. (2022). Kemampuan koneksi matematis pada pembelajaran model PBL dengan pendekatan STEM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 612-618. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54698
Section
Articles

References

Adiningsih, S.M. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika dan Tanggung Jawab pada Kelas XI Semester 1 Tahun 2015/2016 SMA N 11 Semarang. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1). 77-86.
Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94-104.
Aziz, M., Rochmad, R., & Wijayanti, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Siswa Kelas X SMK Teuku Umar Semarang dengan Model Pembelajaran Osborn. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(3).
Barret, T & Cashman, D. (2010). A Practitioners’ Guide to Enquiry and Problem Based Learning. Dublin: UCD Teaching and Learning.
Diana, R.F. & Irwana, E.B. (2017). Proses Koneksi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 52-63.
Indri, S. (2017). Pengembangan Stem-A (Science, Technology, Engineering, Mathematics and Animation) Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 67-73.
Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project-Based Learning terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264-272.
Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel kabupaten Majalengka. Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2).
Lestari, Y.P., Slameto, & Radia. E.H. (2018). Penerapan PBL Problem Based Learning) Berbantuan Media Papan Catur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1), 53-62.
Maulidia, A., Lesmono, A.D., & Supriadi, B. (2019). Inovasi Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan STEM Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi elastisitas dan Hukum Hooke di SMA. Fkip E-Proceeding, 4(1), 185-190.
Muchlis, A., Komara, E.S., Kartiwi, W., Nurhayatin N., Hendriana, H., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Open-Ended dengan Setting Kooperatif Tipe NHT. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81-92.
Murnawinto, S., Sarwanto, & Rahardjo, S.B. (2017). Stem-Based Science Learning in Junior High School: Potency for Training Students’ Thinking Skill. Pancaran Pendidikan, 6(4), 69-80.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Ningsih, S.I.P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran PBL Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XII IPA 5 SMAN 7 Padang. Pillar of Physics Education, 13(3), 443-450.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan dasar dan Menengah
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Makalah diseminarkan pada Seminar Nasional Pendidikan Sains. UNS, Surakarta 22 Oktober 2016.
Rohaly, F., & Abadi, A.P. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 1(1b).
Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2).
Saminanto & Karton. (2015). Analysis of mathematical connection ability in linear equations with one variable based on connectivity theory. International Journal of Education and Research, 3(4), 259-270.