Telaah Model PBL-RME Bernuansa Etnomatematika pada Outdoor Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Main Article Content

Yesi Lintang Setyani
Amidi Amidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model PBL (Problem-Based Learning)-RME (Realistic Mathematics Education) bernuansa etnomatematika pada outdoor learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik guna dikembangkan pada sebuah bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah semua artikel yang berkaitan dengan penelitian ini dalam kurun waktu 2014-2022. Pada penelitian ini, artikel yang digunakan berasal dari jurnal nasional dan internasional terakreditasi yang berjumlah 31. Hasil yang dicapai yaitu terbentuknya langkah-langkah model PBL-RME bernuansa etnomatematika pada outdoor learning berdasarkan literatur yang telah dianalisis serta keterkaitan PBL-RME bernuansa etnomatematika pada outdoor learning dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil dan pembahasan, menunjukkan bahwa model PBL-RME bernuansa etnomatematika pada outdoor learning dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Pembelajaran secara langsung melalui objek-objek yang dihadapi oleh peserta didik pada lingkungan belajar yang menyenangkan di luar kelas (outdoor learning) dan pemberian masalah pada awal pembelajaran yang berkaitan dengan kebudayaan di Semarang, akan menambah pengetahuannya terhadap kebudayaan tersebut serta mereka dapat berperan aktif dalam memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan budaya Semarang berdasarkan bimbingan yang diberikan oleh guru. Penelitian berikutnya yang menarik untuk dikembangkan adalah bagaimana proses pengembangan bahan ajar bernuansa etnomatematika menggunakan model PBL dengan strategi outdoor learning guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Article Details

How to Cite
Setyani, Y., & Amidi, A. (2022). Telaah Model PBL-RME Bernuansa Etnomatematika pada Outdoor Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 520-536. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54702
Section
Articles

References

Abdullah, D. I., Mastur, Z., & Sutarto, H. (2015). Keefektifan model pembelajaran problem based learning bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3).ducation, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189-197.
Agusta, E. S., & Sampoerno, P. D. (2021, December). Enhancement Mathematical Problem Solving Ability Through RME Approach in Distance Learning on Material Building a Squares and Triangles in Class VII-2 MTsN 28 Jakarta. In International Conference on Educational Studies in Mathematics (ICoESM 2021) (pp. 373-383). Atlantis Press.
Amaliyah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JTIEE, 4(2), 1-8.
Anisa, W. N. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik melalui pembelajaran pendidikan matematika realistik untuk siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209668.
Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction berbantuan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61-74.
Arizandi, A. (2018). Outdoor Learning Activities on the Second Year Students’ Reading Comprehension of English Education Department, UIN Alauddin Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Arta, I. M., Japa, I. G. N., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning berbantuan Icebreaker berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264-273.
Asmara, W., Haji, S., & Hanifah, H. (2018). Penggunaan Bahan Ajar Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(2), 128-131.
Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik, 3(2), 111–118. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907
Cahyaningrum, N., & Sukestiyarno, Y. L. (2016). Pembelajaran REACT Berbantuan Modul Etnomatematika Mengembangkan Karakter Cinta Budaya Lokal dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 50-59.
Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2019). Teaching and learning mathematics around the city supported by the use of digital technology. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.29333/ejmste/99514
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.
Finariyati, F., Rahman, A. A., & Amalia, Y. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik. Maju, 7(1), 89– 97.
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi.Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International electronic journal of mathematics education, 14(1), 243-252.
Herawaty, D., & Widada, W. (2017). The influence of contextual learning models and the cognitive conflict to understand mathematical concepts and problems solving abilities.
Husamah. (2013). Pembelajaran luar kelas outdoor learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Husna, N. R., & Veronica, R. B. (2019, February). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Problem Based Learning (PBL) Berdasarkan Self Regulation Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 556-562).
Jarmita, N., & Hazami. (2013). Ketuntasan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Perkalian. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 13(2), 212-222
Junaedah, S. B. T., & Ahmad, M. A. (2020). The outdoor learning modules based on traditional games in improving prosocial behaviour of early childhood. International Education Studies, 13(10).
Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.251
Lakapu, M., et al,. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERNUANSA ETNOMATEMATIKA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. FIGMA: JURNAL PENDIDIKAN, 4(1), 50-55.
Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., & Setiawan, W. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii MTs Pada Materi Perbandingan Dan Skala. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 113-122
Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keyakinan matematis siswa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 155-166.
Muchib, M. (2018). Penerapan model PBL dengan video untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 25-33.
Mullis, I. V., Maartin, M. O., & Foy, P. AA (2015). Timss 2015 International Results in Science Saved. Distribution of Science Achievement. http://timss2015.org/timss-2015/science/student- achievement/distribution-of-science-achievement/
Muslimah, S. L., Rosalina, E., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Outdoor Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1926-1939.
Nisa, J. (2015). Outdoor Learning Sebagai Metode Pembelajaran Ips Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1339
Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65-73.
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Rubowo, M. R. (2018). Students Problem Solving Ability Based on Realistic Mathematics with Ethnomathematics. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1), 13-24.
OECD. (2019). PISA 2018 Results. Combined Executive Summaries. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Retrieved from www.oecd.org/about/publishing/c orrigenda.htm
Pandiangan, L. W. H., & Surya, E. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Medan. INSPIRATIF: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6(1).
Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Jurnal Pendidkan Matematika dan Matematika. Jurnal Pendidkan Matematika Dan Matematika, 2(2), 58–71.
Paramartha, I. G. L., Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2020). Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Membangun Karakter Positif Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 30-40.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.
Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Etnomatematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870
Puadi, E. F. W., & Habibie, M. I. (2018). Implementasi PBL berbantuan GSP software terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Indomath: Indonesia Mathematics Edcuation, 1(1), 19-26.
Purwadi, I. M. A. (2020). Improving VIII Grade Students’ Mathematical Problem Solving Ability Through Realistic Mathematics Education. Southeast Asia Math. Educ. J., 10, 14-26.
Rini, E. S., & Hidayati, K. (2021). Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Pembelajaran RME. AL THIFL, 1(1), 25-32.
Rochmad, Masrukan. (2016). Studi KinerjaMahasiswa Dalam Menganalisis Materi Pada Pembelajaran Kooperatif Resiprokal. Jurnal Kreano, 7(1), 47-57.
Rohim, A., & Asmana, A. T. (2018). Efektivitas Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning) dengan Pendekatan PMRI pada Materi SPLDV. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 217–229. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/download/26062/18276
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71-80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49.
Sari, S. M. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Strategi Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa PGMI IAIN Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 53-59.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Subijanto. (2015). Kebijakan Program Pendidikan Bernuansa Keunggulan Lokal di Sekolah Menengah
Atas Negeri 2 Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(2), 115–134.
Suherdiyanto, S. (2016). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DILUAR KELAS (OUT DOOR STUDY) DALAM MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA PADA SISWA MTS AL-IKHLAS KUALA MANDOR B. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1), 95-108.
Sulastri, F., Runisah, R., & Ismunandar, D. (2021). EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN APLIKASI EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 113-124.
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.
Susanti, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Peserta didik MTs Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 92. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4148
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.
Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.773
Van Bergen, P., & Parsell, M. (2019). Comparing radical, social and psychological constructivism in Australian higher education: a psycho-philosophical perspective. The Australian Educational Researcher, 46(1), 41-58.
Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 111–118.
Wahyuni, I. (2015). Eksplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia), 15(2), 225-238.
Widada, W., Herawaty, D., Falaq, A., Anggoro, D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and outdoor learning to improve problem solving ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 295, 295.
Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Peserta didik di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Witha, T. S., Karjiyati, V., & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Model RME Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta didik Kelas IV SD Gugus 17 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 136–143. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.2.136-143
Yanti, D., Widada, W., & Zamzaili, Z. (2018). Kemampuan pemecahan masalah open ended peserta didik sekolah negeri dan swasta dalam pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 21-31.
Yerizon, Y. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(1), 28-43.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 5