Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Studi Kasus

Main Article Content

Arief Agoestanto
YL Sukestiyarno
Fairuz Hanan Nurintya

Abstract

Salah satu bekal yang harus dimiliki mahasiswa dalam menghadapi permasalahan dan tantangan hidup bermasyarakat adalah kemampuan berpikir kritis. Namun demikian mengembangkan berpikir kritis merupakan kegiatan yang sulit dilaksanakan oleh mahasiswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah  mendiskripsikan secara kuantitatif kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa melalui penerapan PBL dengan studi kasus berdasarkan kemampuan matematis awal. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil  mata kuliah Pengantar Probabilitas tahun perkuliahan 2020/2021. Pengambilan sampel dengan random sampling. Data diambil menggunakan metode tes, dianalisis menggunakan uji Gains dan anova 1 jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis pada pembelajaran PBL dengan metode kasus sebesar 0,51 kategori sedang, dan ada perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa berdasarkan kemampuan awal matematis.

Article Details

How to Cite
Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y., & Nurintya, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Studi Kasus. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 652-656. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54704
Section
Articles

References

Agoestanto, A., YL Sukestiyarno, & Rochmad, 2017. Analysis of Mathematics Critical Thinking Students in Junior High School Based on Cognitive Style. Journal of Physics: Conference Series, 824 (2017):1-7.
Arends, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Nelson A, (2013). Impact of Critical thinkingon Performancein Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State, IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) Volume 3,Issue 5 pp 18-25 (Nov.–Dec.2013)

Ngeow, K.K. dan San, Y. (2001). Learning to learn: Preparing Teachers and Student for Problem-Based Learning . [On-Line}, Tersedia : http//www. Eric Indiana.edu.

Perkins C., & Murphy, E. 2006. Identifying and Measuring Individual Engagement in Critical Thinking in Online Discussions: An Exploratory Case Study. Educational Technology & Society, 9 (1):298-307.
Peter, E. E. (2012). Critical thinking: Essence for teaching mathematics and mathematics problem solving skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5(3), 39–43. https://doi.org/10.5897/AJMCSR11.161

Rochmad, Kharis, M., Agoestanto, A., Zahid, M. Z., & Mashuri. 2018. Misconception as a Critical and Creative Thinking Inhibitor for Mathematics Education Students. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1): 57-62.
Rochmad, A Agoestanto, A.W Kurniasih. 2016. Analisis Time Line dan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pembelajaran Kooperatif Resiprokal. Kreano, 7(2): 217-231
Rochmad, Agoestanto, A., Kharis, M., 2018. Keterkaitan Miskonsepsi dan Berpikir Kritis Aljabaris Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Thomas, T. 2011. Developing First Year Students’ Critical Thinking Skills. Asian Social Science. 7 (4).
Yin, R.K.(200). Case Study Research Design and Methods (4th ed. Vo). Sage Publication