Pola Frieze dalam Kain Batik Sumatera Utara

Main Article Content

Restina Silalahi
Dinda Kartika
Fevi Rahmawati Suwanto
Debi Yandra Niska

Abstract

Batik adalah salah satu kain berlukiskan Indonesia dimana secara khusus proses pembuatannya dengan cara menulis pada lembar kain tersebut, yang selanjutnya diolah dan diproses lagi dengan teknik tertentu. Salah satu kain batik Indonesia yaitu kain batik Sumatera Utara. Kain batik Sumatera Utara yang dihasilkan berupa ornamen atau motif-motif dari etnik yang berada di Sumatera Utara yaitu Karo, Batak Toba, Dairi, Simalungun, Mandailing, Melayu dan Nias). Pola-pola yang terdapat pada ornamen kain batik Sumatera Utara secara umum menggambarkan bentuk yang simetris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian pustaka dengan menganalisis pola frieze terhadap tujuh kain batik Sumatera Utara. Pola frieze adalah pola pada bidang berdimensi satu yang dibangkitkan oleh grup simetri. Pola frieze memiliki tujuh jenis pola tidak isomorfik berkaitan dengan simetri satu bidang seperti translasi, rotasi, refleksi, dan pantul geser. Pada penelitian ini ditemukan dua pola frieze yaitu pola 11 dan pola mm.

Article Details

How to Cite
Silalahi, R., Kartika, D., Suwanto, F., & Niska, D. (2022). Pola Frieze dalam Kain Batik Sumatera Utara. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 667-674. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54706
Section
Articles

References

Andriani, L., Muchyidin, A., & Raharjo, H. (2020). Frieze Group Pattern in Buyung Dance Formation. EduMa, 9(2), 11-24.
Atmojo, W.T. (2016). Rekayasa industri dan budaya dalam penciptaan batik untuk mendukung industri kreatif di Kota Medan. (Laporan Penelitian Skim Hilirisasi). Medan: Lemlit Unimed.
Atmojo, W.T., & Misgiya. (2018). Eksplorasi dan Implementasi Ornamen Sumatera Utara dalam Karya Batik. Artchive, 1(1), 1-7.
Conway, J.H., & Coxeter, H.S.M. (1973). Triangulated Polygons and Frieze Patterns. The Mathematical Gaxette. 87-94.
Cooper, C.D.H. (2013). Technicques of Algebra. Australia: Macquarie University.
Gallian, J.A. (2010). Contemporary Abstract Algebra. Australia: Brooks/Cole Publishing Co.
Lestari, S.D. (2012). Mengenal Aneka Batik. Jakarta Timur: Balai Pustaka.
Nggumbe, C.L.B.P., Mayasari, K., & Jamco, T.H.M. (2018). Pola Frieze Pada Batik Papua. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Purworejo.
Prayitno, T. (2020). Mengenal Produk Nasional Batik dan Tenun. Semarang: Alprin.
Rahmawati, A., Helmi., & Fran, F. (2018). Frieze Group Pada Seni Dekoratif Masjid. Buletin Ilmiah Math, Stat, dan Terapannya (Bimaster), 7(1), 23-32.
Sintauri, B.D. (2020). Pola Frieze dan Pola Kristalografi pada Kesenian Kain Tapis Lampung. (Skripsi). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta.
Sirait, B. (1980). Pengumpulan dan Dokumentasi Ornamen Tradisional Sumatera Utara. Medan: Pemerintah Daerah Tingkat I Provinsi Sumatera Utara.
Suwarno, B., & Leinbach, T.R. (1985). Migrasi Penduduk Desa ke Kota dan Kesempatan Kerja: Survey di Tiga Kota Sumatera Utara. Majalah Demografi Indonesia. Jakarta.
Takari, M. (2019). Ulos dan Sejenisnya dalam Budaya Batak di Sumatera Utara: Makna, Fungsi, dan Teknologi. Seminar Antarabangsa Tenunan Nusantara. Kuantan.
Wahyuni, D., & Sinaga, L.T. (2019). Adopsi Model SCOR dan Penerapan SHERPA di Industri Batik Sumatera Utara. TALENTA Conference Series:Energy & Engineering, 2(4), 79-83.