Penerapan Metode 2SLS (Two Stage Least Square) pada Model Persamaan Simultan Data Panel Foreign Direct Investment (FDI) dan Gross Domestic Product (GDP) di ASEAN

Main Article Content

Halima Halima
Dwi Endah Kusrini

Abstract

FDI merupakan  bentuk khusus dari arus modal lintas batas dari negara asal ke negara tujuan investasi dan GDP merupakan nilai barang dan jasa yang diproduksi di dalam negara yang bersangkutan dalam kurun waktu tertentu. Beberapa hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa terdapat  pengaruh FDI terhadap Growth GDP dan begitupun Growth GDP berpengaruh terhadap FDI yang didukung pula oleh variabel lain yaitu Degree of Openness, Labor Force, Gross Fixed Capital Formation dan Balance of Trade maka dari itu penulis akan melakukan analisis persamaan simultan dengan menggunakan metode 2SLS di ASEAN, hal ini bertujuan untuk mengetahui variabel apa saja yang berpengaruh terhadap FDI dan GDP. Berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan didapat bahwa terdapat pengaruh growth GDP, Degree of Openness dan Labor Force pada FDI terhadap GDP dengan kebaikan model sebesar 96,40% dan terdapat pengaruh dari FDI terhadap GDP, Gross Fixed Capital Formation terhadap GDP dan Balance of Trade terhadap Growth GDP dengan kebaikan model sebesar 88,29%.

Article Details

How to Cite
Halima, H., & Kusrini, D. (2022). Penerapan Metode 2SLS (Two Stage Least Square) pada Model Persamaan Simultan Data Panel Foreign Direct Investment (FDI) dan Gross Domestic Product (GDP) di ASEAN. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 701-710. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54713
Section
Articles

References

Astuti & Mulya, A. (2010). Fixed Effect Model pada Regresi Data Panel. Jurnal Beta 3(2), 134-145.
Setiawan & Kusrini, D. E. (2010). Ekonometrika, Yogyakarta : ANDI
Faried A I & Sembiring R. (2019). Perekonomian Indonesia: Antar Konsep dan Realita Keberlanjutan Pembangunan. Jakarta : Yayasan Kita Menulis.
Gujarati, Damodar. N. (2004). Ekonometrika Dasar. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Gujarati, D. N & Dawn, C. P. (2015). Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.
Koutsoyiannis, Anna. (1977). Theory of Economics: An Introduction Exposition of Econometric Methods, 2nd Edition. London : Macmilla Publish Company
Manullang, A. H & Hidayat, P. (2015). Analisis Kausalitas Antara Fdi dan Pertumbuhan Ekonomi di Asean. Jurnal Ekonomi dan Keuangan 45(1), 547 – 561.
Rahmadeni., Rahayu, R., dkk. (2019). Model Persamaan Simultan Pada Analisis Hubungan Gross Domestic Product (GDP) Dan Foreign Direct Investment (FDI) di ASEAN. Jurnal Sains Matematika dan Statistika 1(1), 64 –72.
Ruxanda & Muraru. (2010). FDI and Economic Growth : Evidence from simultaneous equation model. Romanian Jurnal of Economic Forcasting 0(1), 45 – 48.
Sapthu & Andre. (2013). Pengaruh Penanaman Modal Dalam Negeri dan Penanaman Modal Asing Terhadap Produk Domestik Bruto di Indonesia. Jurnal Ekonomi 7(1), 193-19.
Wulandari, S. (2010). Penerapan Metode 2SLS ( Two Stage Least Square) Pada Model Persamaan Simultan Untuk Persamaaan Pendapatan Nasional dan Peredaran Uang . Skripsi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Wulandari,P. S & Ratih, D. I. (2017). Analisis Regresi Teori dan Aplikasi. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.