Kelayakan Bahan Ajar Inovatif Berbasis STEAM pada Materi Segiempat dan Segitiga

Main Article Content

Faisal Fazri Akmal
Mohammad Asikin

Abstract

Era disrupsi menuntut pembaharuan, salah satunya adalah sumber belajar yang inovatif, agar terus adaptif. Sumber belajar perlu mengadopsi pendekatan baru yang menunjang optimalisasi proses pembelajaran. Pendekatan STEAM adalah salah satunya. Namun, dalam pembelajaran matematika, pendekatan STEAM masih belum dimanfaatkan dengan baik. Padahal dalam praktiknya, pendekatan STEAM juga bermanfaat dalam meningkatkan berbagai kemahiran matematika, termasuk kemampuan koneksi matematis. Oleh karena itu, penelitian ini akan memberikan gambaran tahap awal dalam proses pengembangan bahan ajar inovatif berbasis STEAM pada materi segiempat dan segitiga sebagai sumber belajar yang layak bagi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan modifikasi dari model Borg and Gall. Terdapat lima tahap yang dilakukan yaitu: (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi produk. Adapun hasil akhir dari kelima tahapan tersebut adalah bahan ajar inovatif berbasis STEAM pada materi segiempat dan segitiga dinyatakan memenuhi kesesuaian karakteristik bahan ajar sebagai sumber belajar, serta memiliki tingkat kelayakan sangat layak (89,09%) setelah divalidasi oleh 14 validator. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar inovatif berbasis STEAM pada materi segiempat dan segitiga dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik.

Article Details

How to Cite
Akmal, F., & Asikin, M. (2022). Kelayakan Bahan Ajar Inovatif Berbasis STEAM pada Materi Segiempat dan Segitiga. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 512-519. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54787
Section
Articles

References

Akbar, S. D. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ata-Aktürk, A., & Demircan, H. Ö. (2017). A Review of Studies on STEM and STEAM Education in Early Childhood. Journal of Kırşehir Education Faculty (JKEF), 18(2), 757–776.
BSNP. (2015). Pedoman Penilaian Buku Teks Matematika. Jakarta: Ristekdikti.
Choi, J. H., & Hwang, B. K. (2018). The Concepts, Strategies and Application of STEAM Education in South Korea. Proceedings - 2017 7th World Engineering Education Forum, WEEF 2017- In Conjunction with: 7th Regional Conference on Engineering Education and Research in Higher Education 2017, RCEE and RHEd 2017, 1st International STEAM Education Conference, STEAMEC 201, 466–469. https://doi.org/10.1109/WEEF.2017.8467045
Hasbi, M., Lukito, A., & Sulaiman, R. (2019). The Realistic of Mathematic Educational Approach to Enhancing Ability Mathematical Connections. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 179–183. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i4.
Kang, N.-H. (2019). A review of the effect of integrated STEM or STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics) education in South Korea. Asia-Pacific Science Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s41029-019-0034-y
Kemendikbud. (2018). Penyegaran Infrastruktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Kusjuriansah, K., & Yulianto, A. (2019). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis i-sets terkomplementasi karakter pada materi hukum gravitasi newton. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 120-132.
Latha, S., & B., P. C. (2020). Vuca in Engineering Education: Enhancement of Faculty Competency For Capacity Building. Procedia Computer Science, 172, 741–747.
Lubis, F. (2019, November). Education in the Disruption Era. Britain International of Linguistics, Arts and Education (BIoLAE) Journal, 1(2), 183-188. doi:https://doi.org/10.33258/biolae.v1i2.85.
Mayembe, E., & Nsabata, S. (2020). Print Based Learning Media. Journal Educational Verkenning, 1(1), 001-007.
Menanti, H., Sinaga, B., & Hasratuddin, D. (2018). Improve Mathematical Connections Skills with Realistic Mathematics Education Based Learning. 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018), 200(Aisteel), 29–35. https://doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.7
Niam, M. A., & Asikin, M. (2020). The Development of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)-Based Mathematics Teaching Materials To Increase Mathematical Connection Ability. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 153. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v8n1a12
OECD. (2018). What 15-year-old students in Indonesia know and can do. Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018, 1–10. http://www.oecd.org/pisa/ Data
Puspendik. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id.
Ramadani, E. (2020). Pengembangan Handout Matematika Berbasis Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) pada Materi Segitiga dan segiempat untuk Peserta didik Kelas VIII SMP. Skripsi FKIP Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10678%0A
Ruangsiri, K., Nuangpirom, P., & Akatimagool, S. (2020). Promotion of High-Order Analytical Thinking Skills using NCOM Simulator through STEAM Education. 2020 7th International Conference on Technical Education (ICTechEd7), Bangkok, Thailand, 19–23.
Sari, D. I., Rejekiningsih, T., & Muchtarom, M. (2020). Students' Digital Ethics Profile in the Era of Disruption: An Overview from the Internet Use at Risk in Surakarta City, Indonesia. International Association of Online Engineering, 14(3), 82-94.
Sudijono. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syakdiyah, A., Nurmahmudah, F., & Wijayanti, W. (2019). Active Learner Strategies in Era of Disruption: a Literature Review. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 317, 165-168.
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology,Engineering,and Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165-172.